Jalani Start Terburuk Sejak 2009, Apa Rooney Sudah Habis?

redaksi.co.id - Jalani Start Terburuk Sejak 2009, Apa Rooney Sudah Habis? Performa kapten sekaligus striker Manchester United (MU), Wayne Rooney terus mendapat sorotan. Alih-alih tampil bagus,...

21 0

redaksi.co.id – Jalani Start Terburuk Sejak 2009, Apa Rooney Sudah Habis?

Performa kapten sekaligus striker Manchester United (MU), Wayne Rooney terus mendapat sorotan. Alih-alih tampil bagus, Rooney kini menjadi pesakitan di lini depan Setan Merah.

Banyak yang menilai kalau taji striker berusia 30 tahun ini sudah habis.Eks gelandang Barcelona, Xavi Hernandez bahkan menyarankan sudah saatnya bagi Rooney bertransformasi menjadi gelandang. Xavi menganggap cara itu bisa menyelamatkan karir Rooney di sepak bola.

“Mungkin ini saatnya buat striker baru MU, yang bisa berlari selama 90 menit. Tetapi, Rooney akan sangat berbahaya jika bermain sedikit ke dalam. Dia punya visi dan jangkauan operan yang bagus untuk bermain di posisi itu,” kata Xavi di Sky Sports.

Di Liga Inggris musim ini, Waza -sapaan akrab Rooney- baru mencetak dua gol dari sembilan kali mentas buat MU. Ini adalah start terburuk Rooney dari 10 pertandingan di Liga Inggris sejak musim 2009/10.

Sejak musim 2009/10, Rooney sebetulnya pernah hanya mencetak kurang dari tiga gol dari 10 pertandingan awal di Liga Inggris. Itu terjadi pada musim 2010/11, dan 2012/13.

Tapi, perlu diingat, ketika itu performa Rooney di 10 pertandingan awal pada dua musim tersebut, diinterupsi oleh cedera.

Baca Juga

Pada 2010/11, Rooney terkena cedera engkel dan baru kembali pada pekan ke14 di bulan November. Alhasil Rooney hanya mencetak sebiji gol dari 10 pertandingan awal. Di akhir musim, Rooney total mencetak 11 gol dari 28 pertandingan.

Sedangkan di 2012/13, Rooney terpaksa absen selama empat pekan setelah mengalami benturan keras kala MU berhadapan dengan Fulham 25 Agustus 2012. Rooney baru kembali pada 20 Oktober dan mencetak dua gol ketika MU menaklukkan Stoke 4-2. Ia menyelesaikan musim 2012/13 dengan tampil 27 kali dan mencetak 12 gol.

Lantas, apa yang menyebabkan performa Rooney menurun di musim ini? Padahal, sang striker sedang tidak cedera. Apakah ini bukti bahwa Rooney sudah habis?

Mantan asisten Sir Alex Ferguson, Renee Meulensteen punya pendapat tersendiri. Mengutip Express, ini terjadi lantaran peran Rooney yang dibatasi oleh sang manajer Louis van Gaal.

“Saya pikir saat ini, dia sedikit dibatasi. Dia tidak selalu mendapatkan bola ketika dia inginkan dan di area mana dia menginginkannya,” kata Meulensteen.

Entah betul atau tidak, yang jelas, Rooney harus segera membuktikan diri bahwa dirinya belum habis. Dengan Liga Inggris masih menyisakan 28 partai lagi, Rooney masih punya waktu.(Def/Rco)

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!