Wartawan Jadi Target Utama ISIS di Mosul Irak

redaksi.co.id - Wartawan Jadi Target Utama ISIS di Mosul Irak Milisi kelompok yang ISISdilaporkan telah menewaskan sekitar 13 wartawan dan pekerja media lainnya di Mosul, sejak...

33 0

redaksi.co.id – Wartawan Jadi Target Utama ISIS di Mosul Irak

Milisi kelompok yang ISISdilaporkan telah menewaskan sekitar 13 wartawan dan pekerja media lainnya di Mosul, sejak mereka menguasai kota Irak tersebut pada tahun 2014.

“Para wartawan itu adalah bagian daripriority target atau target utama kelompok militan tersebut,” Organisasi wartawan yang berkantor di Prancis, Reporters Without Borders (RSF) seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/10/2015).

Sementara nasib 10 dari 48 pekerja media yang diculik di sana dalam 16 bulan terakhir masih belum diketahui.

Menurut RSF, ISISjuga menguasai stasiun TV dan radio setempat, yang mengubah Mosul dalam kondisi yang diibaratkan sebagaiinformation black hole.

“Studio dan peralatan mereka dianggap sebagai rampasan perang dan digunakan untuk melakukan serangan informasi, kata pimpinan RSF untuk kawasan Timur Tengah dan Maghribi, Alexandra El Khazen.

Peralatan yang dirampok dari TV Sama Mosul diyakini telah digunakan untuk merekam pidato yang disampaikan pimpinan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, di Masjid Besar kota itu pada Juli 2014.Tayangan itu merupakan pemunculan pertama al-Baghdadi di depan umum.

ISIS sejak itu menggunakan peralatan yang sama untuk mengoperasikan saluran TV Dabiq dan stasiun radio, al-Bayan.

Laporan RSF yang disusun Journalistic Freedoms Observatory yang berbasis di Irak juga menyebut, 60 wartawan telah melarikan diri dari Mosul sejak ISISberkuasa di sana.

“Beberapa orang (wartawan) yang kembali ke Mosul meregang nyawa karena wartawan yang kabur itu,” tambahnya.

Laporan itu juga membeberkan ada 13 jasad pekerja media yang sudah diserahkan kepada keluarga. Sementara yang lainnya masih butuh beberapa minggu atau bulan untuk mengkonfirmasi kematian mereka.

(red/isang/ima/ijaya/RBW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!