4 Cara Kreatif Sukses Berbisnis di Instagram

redaksi.co.id - 4 Cara Kreatif Sukses Berbisnis di Instagram Meningkatnya pengguna smartphone mendorong hadirnya aplikasi-aplikasi beragam, baik dari aplikasi media sosial dan fotografi. Salah satu aplikasi...

16 0

redaksi.co.id – 4 Cara Kreatif Sukses Berbisnis di Instagram

Meningkatnya pengguna smartphone mendorong hadirnya aplikasi-aplikasi beragam, baik dari aplikasi media sosial dan fotografi. Salah satu aplikasi yang merupakan gabungan media sosial dan fotografi adalah Instagram. Aplikasi ini bukan aplikasi baru dan telah memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia.

Namun, yang unik adalah kecenderungan pengguna aplikasi ini telah mengalami banyak perubahan. Dulu, aplikasi ini menjadi wadah para penggunanya untuk pamer foto, baik foto makanan, lokasi berlibur maupun foto selfie. Beberapa tahun terakhir ini, Instagram pun dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menggelar lapak barang dagangnya.

Bagi para pelaku usaha di Instagram, berikut lima tips bagaimana membuat cerita bisnis Anda menjadi lebih hidup di Instagram. Seperti dikut dari rilis resmi yang dirilis Instagram

1. Gali dan Pahami Komunitas

Dengan 400 juta pengguna aktif perbulannya dan 80 juta foto yang di- share di Instagram setiap harinya, aplikasi ini menjadi tempat di mana orang bisa terinspirasi secara visual serta mencari produk, aplikasi dan layanan baru yang mereka butuhkan. Diantara 100 juta pengguna yang baru bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya datang dari Eropa dan Asia, dengan Indonesia dan Jepang sebagai negara dengan pengguna baru terbanyak di Instagram.

Mulai dari musik hingga fashion, desain, kecantikan dan travel hingga mobil-mobil klasik dan anjing lucu, percakapan menarik hinggakomunitas yang berkembang pesat bisa ditemukan di Instagram. Instagram Blog bisa menjadi sumber untuk mendapatkan cerita dan kegiatan komunitas di Instagram dari seluruh dunia, sedangkan akun @instagramforbusinessasia menampilkan kreatifitas terbaik iklan Instagram dari Asia Pasifik.

Bermitra dengan influencer di komunitas Instagram dapat membantu bisnis membuat cerita mereka menjadi lebih hidup. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini, antara lain menciptakan konten otentik dan terpercaya hingga menjadikan influencer sebagai brand ambassador. Contohnya, brand Myer dari Australia bekerjasama dengan seorang fashion blogger terkenal untuk merilis koleksi terbarunya, dan ini membantunya meningkatkan kesadaran brand sebesar 4 poin begitu juga dengan kedekatan mereka dengan target pelanggan meningkat sebesar 4 poin.

Jadi, kenalilah Instagram lebih jauh – karena lebih banyak Anda mencari tahu dan menggali platform ini, Anda akan bisa lebih memahami komunitas terkait bisnis Anda sehingga mampu membuat akun serta iklan Anda lebih memberi dampak untuk pengguna Instagram.

2. Selalu Konsisten

Tanyakan pada diri Anda, bagaimana Anda ingin dikenal? Identifikasi fungsi dari brand Anda untuk menemukan sisi uniknya. Pikirkan bagaimana Instagram dapat secara visual memperlihatkan brand, produk dan layanan Anda.

Jujur dan otentik. Tampilan dan warna dari konten visual Anda harus konsisten untuk mendukung karakter dari bisnis Anda kami melihat akun-akun yang sukses adalah mereka yang selalu konsisten dengan tampilan serta tema yang mereka gunakan. Jika Anda membuat sebuah kampanye iklan di Instagram, pikirkan bagaimana hal ini dapat mewujudkan tujuan dari bisnis Anda.

Evaluasi apakah kreativitas yang dibuat sudah sesuai dengan brand-nya jika Anda menutup logo misalnya , apakah Anda akan mengenali brand Anda? Pesan apakah yang ingin Anda coba sampaikan?

Anggota komunitas Instagram seperti Tatsuya Tanaka (@tanaka_tatsuya) mempertunjukan fotografi minatur yang menggambarkan humor kehidupan sehari-hari dan obyek sekitar, sedangkan Daisuke Kujiraoka (@halno) memperlihatkan berbagai gambar orang yang sedang melompat dengan latar belakang warna cerah.

3. Kembalilah ke Dasar Fotografi

Instagram merupakan platform yang sangat visual dan aturan mendasar untuk fotografi yang baik tetap berlaku baik untuk posting organik maupun yang di-sponsori. Berikut yang bisa diperhatikan.

FOCAL POINT yang kuat: Hindari menggunakan gambar dengan komposisi yang ramai dan rumit.

FRAMING & BALANCE: Detil yang halus seperti the rule-of-thirds, meluruskan dan simetris akan membuat perubahan yang banyak pada suatu gambar dan mempengaruhi tone.

PENCAHAYAAN & DETIL: Setiap piksel sangat penting saat diperlihatkan kepada pelanggan dengan layar beresolusi tinggi.

Akun Justin Wong (@justincywong) selalu menampilkan obyek bulat sebagai focal point; sedangkan foto-foto Joshua Cheok (@j.osh) selalu memperlihatkan landscape dengan memperhatikan simetri; toko desain Korea, 10×10 (@your10x10)selalu memberikan foto-foto yang sederhana dengan pencahayaan putih dan berfokus pada produk.

4. Sedikit untuk Menampilkan Lebih Banyak

Anda harus fokus pada kualitas posting dibandingkan kuantitas. Laman Instagram setiap orang selalu dikurasi, jadi sangat penting untuk selalu menginspirasi komunitas secara visual dengan pesan-pesan yang dibuat melalui pemikiran matang untuk disampaikan pada waktu yang tepat. Riset Instagram dari Australia tahun ini memperlihatkan 30% pengguna akan unfollow akun dengan postingan yang tidak menginspirasi.

Saat Anda ingin mengunggah foto ataupun video, ingatlah bahwa Anda harus memperlihatkan sesuatu bukan menceritakan. Caption yang digunakan harus memperlihatkan nuansa pesan yang ingin Anda sampaikan , tetapi Anda tidak seharusnya bergantung pada caption untuk bercerita. Anda dapat menambahkan tagar untuk bergabung dengan percakapan yang sedang berlangsung tentang isu tertentu dan agar foto Anda lebih mudah ditemukan, namun tidak perlu menggunakan terlalu banyak tagar cukup dengan tiga atau lima tagar pada caption.

Sebagai contoh beberapa tagar yang mendunia seperti #onthetable (foto makanan dari atas), #chasinglight (foto dari fajar ke senja dengan cahaya alami) dan #fromwhereistand (foto pemandangan dari kaki seseorang saat di tempat-tempat menarik).

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!