Berbisnis di Indonesia Makin Mudah

redaksi.co.id - Berbisnis di Indonesia Makin Mudah Dari data Bank Dunia Indeks kemudahan berbisnis dari peringkat 114 menjadi peringkat 109 pada 2016 mendatang. Meski sedikit, namun...

43 0

redaksi.co.id – Berbisnis di Indonesia Makin Mudah

Dari data Bank Dunia Indeks kemudahan berbisnis dari peringkat 114 menjadi peringkat 109 pada 2016 mendatang. Meski sedikit, namun terjadi peningkatan bagi para investor melakukan ekspansi bisnis tahun depan.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi memaparkan indeks tersebut bisa terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Hal yang perlu dilakukan saat ini menurut Yuddy perbaikan birokrasi untuk para pelaku usaha agar mudah melakukan investasi.

“Perlu adanya kesinambungan perbaikan tata kelola pemerintahan,” ujar Yuddy, Senin (2/11/2015).

Berdasarkan sumber di Bank Dunia, naiknya posisi Indonesia dalam berbisnis disebabkan tiga hal yakni penyederhanaan memulai bisnis, pendanaan melalui kredit perbankan serta proses perpajakan yang kian mudah. Ketiga hal tersebut menurut Yuddy dibutuhkan agar target tidak hanya pelaku usaha tapi pemerintah juga bisa tercapai.

“Karena ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan nasional,” ungkap Yuddy.

Bank Dunia menilai 11 faktor tolak ukur kemudahan dalam berbisnis. Beberapa hal yang sudah dijalankan pemerintah meliputi, izin konstruksi, kemudahan mendapatkan suplai tenaga listrik, kemudahan pencatatan kepemilikan, kemudahan mendapatkan kredit usaha, bagaimana proteksi pemerintah, persoalan pembayaran pajak, dan kemudahan menjalin perdagangan dengan luar negeri.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!