Google: Perlu 300 Balon untuk Akes Internet di Dunia

redaksi.co.id - Google: Perlu 300 Balon untuk Akes Internet di Dunia JAKARTA -- Google memiliki proyek ambisius untuk menyebarkan jaringan internet ke seluruh penjuru dunia melalui...

31 0

redaksi.co.id – Google: Perlu 300 Balon untuk Akes Internet di Dunia

JAKARTA — Google memiliki proyek ambisius untuk menyebarkan jaringan internet ke seluruh penjuru dunia melalui proyek Loon. Google menyebutkan setidaknya diperlukan 300 balon untuk menyediakan jaringan internet ini.

Melalui armada yang digantungkan di stratsfer dalam ketinggian 20 km di atas permukaan laut, Google berencana untuk membuat cincin Project Loon.

Ketinggian itu diperlukan agar tidak mengganggu penerbangan komersil. Barangkali, ini terlihat seperti sebuah film fiksi, namun proyek ini rencananya akan dilakukan mulai tahun depan.

“Kita perlu 300 balon atau lebih,” ujar Mike Cassidy, Wakil presiden proyek Loon kepada BBC.

Jika rencana ini berjalan lancar, balon Google akan menjangkau pelanggan komersial termasuk di Sri Lanka. Sebelumnya, Google telah menjalin kerja sama dengan tiga operator seluler di negara terebut.

Laman Science Alert menyebutkan konektivitas yang diberikan oleh Google ini pada awalnya setara dengan jaringan 3G. Namun, sekarang balon Google bisa memberikan akses internet dengan kecepatan 10 MB per detik, atau setara dengan kecepatan mobile 4G.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!