3 Momen Rossi Tersungkur di Valencia

redaksi.co.id - 3 Momen Rossi Tersungkur di Valencia Valentino Rossi sudah dua kali naik podium pertama di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, yakni tahun 2003 dan...

34 0

redaksi.co.id – 3 Momen Rossi Tersungkur di Valencia

Valentino Rossi sudah dua kali naik podium pertama di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, yakni tahun 2003 dan 2004. Namun sejak saat itu, Rossi selalu sial di Valencia. Setidaknya, rider asal Italia itu sudah tiga kali mengalami nasib sial di Valencia.

Pertama terjadi tahun 2006, ini menjadi momen yang paling diingat oleh Rossi. Pria yang saat ini sudah berusia 36 tahun itu kehilangan gelar juara dunia MotoGP 2006 yang sudah di depan mata.

Padahal, sebelum balapan dimulai, Rossi sudah mengemas 244 poin, dia memuncaki klasemen pembalap sebelum MotoGP Valencia berlangsung. Pembalap asal Italia itu unggul delapan poin dari pesaing terdekatnya yang menunggangi Honda, Nicky Hayden.

Jatuhnya Rossi membuat permainan Hayden kian mudah. Hingga garis finis, Hayden finis di posisi ketiga dan mengantongi 16 poin. Tambahan tersebut sudah membuat Hayden menjadi juara dunia MotoGP 2006 dengan mengemas 252 poin.

Sedangkan Rossi hanya berhasil menyalip dua orang pembalap, yakni James Ellison dan Garry McCoy. Rossi finis di posisi ke-13 dan mendapat tambahan tiga poin. Gelar juara dunia yang sudah di depan mata pun hilang. Poin akhir yang dikumpulkan Rossi pada 2006 adalah 247.

Setahun berselang, Valencia kembali tidak bersahabat dengan Rossi. Rider asal Italia itu tidak bisa mengusai laju motornya. Dia pun terjatuh di lap ke-11, motornya pun hancur parah.

Meski motornya hancur parah, hanya menyisakan rangkanya saja, Rossi masih dihinggapi Dewi Fortuna. Rossi masih bisa berjalan, tapi kecelakaan itu membuat tangannya cedera.

Tahun 2011, Circuit Ricardo Tormo kembali menjadi momok yang menakutkan bagi Rossi. Dia gagal finish di MotoGP 2011. Rossi yang saat itu membela tim Ducati, terlibat kecelakaan dengan Randy de Puniet (Pramac Racing) dan Nicky Hayden (Ducati), di lap pertama.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!