Jokowi Buka Pintu Buat 11 Pengusaha Finlandia Investasi di RI

redaksi.co.id - Jokowi Buka Pintu Buat 11 Pengusaha Finlandia Investasi di RI Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Istana Kepresidenan,...

35 0

redaksi.co.id – Jokowi Buka Pintu Buat 11 Pengusaha Finlandia Investasi di RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Jokowi mengungkapkan kedatangan Presiden Niinisto menjadi catatan penting dalam sejarah hubungan bilateral pemerintah RI dan Finlandia yang telah terjalin sejak lama.

“Suatu kehormatan bagi Indonesia menerima presiden Finlandia di Jakarta. Hubungan bilateral indonesia dan Finlandia telah terjalin selama 61 tahun,” ujar Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/11/2015).

Jokowi mengungkapkan sejumlah hal penting dibahas dalam pertemuan tersebut, diantaranya di bidang ekonomi, Energi dan perdagangan. Di bidang ekonomi, Jokowi turut mengapresiasi Presiden Finlandia yang datang dengan membawa para pengusaha top dari negaranya.

Baca Juga

Jokowi Ajak Presiden Finlandia Bicara 4 Mata di Belakang Istana

Temui Jokowi, Presiden Finlandia Bagi Pengalaman Kelola Gambut

Berkunjung ke Indonesia, Presiden Finlandia Ajak Bos Nokia

“Kedatangan presiden (Finlandia) dengan 11 pengusaha top dari Finlandia untuk memanfaatkan peluang yang terbuka lebar di Indonesia. Pengusaha yang hadir bergerak di bidang energi, infrastruktur, teknologi informasi dan manajemen pelabuhan,” ucapnya.

Selain itu, dalam bidang perdagangan, Jokowi mengatakan, dirinya dan Presiden Niinisto sepakat untuk meningkatkan investasi antar kedua negara.

Ditargetkan, investasi Finlandia di Indonesia akan terus meningkat di tahun mendatang. “Kami sepakat target perdagangan sebesar US$ 1 miliar pada 2016,” ucapnya.

Sementara itu, di bidang energi, pemerintah RI, kata Jokowi, mengajak Pemerintah Finlandia untuk terlibat dalam proyek pengembangan energi yang diperbarukan yang menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini.

“Kemudian bidang ekonomi digital kita juga menyampaikan visi Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dan kami mengajak perusahaan-perusahaan besar di Finlandia d bidang teknologi informasi untuk memanfaatkan momentum ini,” ucapnya.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Elias Ginting sebelumnya mengatakan, Presiden Niinisto datang ke Indonesia dengan membawa sekitar 11 pengusaha Finlandia yang bergerak di sektor-sektor strategis. Salah satunya CEO perusahaan telekomunikasi Nokia.

“Nokia iya, (mereka ikut ke Indonesia), CEO-nya yang datang. 11 perusahaan yang datang ke Indonesia itu diwakili dengan orang nomor satu. Mereka sangat selektif pada saat seleksi peserta, dipersyaratkan minimal CEO-nya,” kata dia.

Selain itu, Elias juga menyebut lawatan Presiden Filandia ini merupakan kunjungan yang sangat spesial. Sebab, Presiden Niinisto tidak akan ke negara lain selain ke Indonesia. “Presiden Finlandia cuma ke sini, ini bukan rangkaian. Dari Helsinki ke Jakarta dan kembali ke Helsinki,” tutur Elias.

Di Jakarta, di samping bertemu Presiden Joko Widodo, Presiden Niinisto akan menyambangi sejumlah pejabat tinggi Indonesia. Di antaranya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. (Luqman/Gdn)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!