6 Fakta MotoGP Valencia: Pedrosa Sang Penakluk

211

redaksi.co.id – 6 Fakta MotoGP Valencia: Pedrosa Sang Penakluk

Akhir pekan ini, atau tepatnya Minggu (8/11/2015), MotoGP akan menggelar seri terakhir di tahun 2015. Seri terakhir ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu akan berlangsung di Valencia, Spanyol.

Ada dua pebalap yang masih berpeluang memperebutkan gelar juara dunia MotoGP tahun ini, yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Lorenzo punya peluang besar menjadi juara dunia.

Sebab, Rossi yang memuncaki klasemen dengan mengemas 312 poin diprediksi sulit meraih gelar. Rider asal Italia itu akan memulai balapan di Valencia dari posisi terakhir akibat terlibat insiden dengan Marc Marquez di Sepang, dua minggu lalu.

Peluang Rossi semakin menipis karena sirkuit Valencia lebih sering ditaklukkan oleh pembalap-pembalap asal Spanyol. Lorenzo yang berasal dari Spanyol pun punya kesempatan besar.

Mau tahu fakta lainnya tentang MotoGP Valencia selengkapnya?

Data dan Fakta MotoGP Valencia

1. Valencia sudah 14 tahun berturut-turut menjadi tuan rumah seri terakhir di ajang MotoGP.

2. Sirkuit di Valencia dinamai Circuit Ricardo Tormo untuk menghormati legenda balap Spanyol. Ketika itu Ricardo Tormo menjadi pebalap Spanyol pertama yang menjadi juara dunia di kelas 50cc pada tahun 1978 dan 1981. Tiga tahun setelahnya, dia pensiun karena mengalami cedera kaki akibat kecelakaan. Tormo meninggal tahun 1998 karena penyakit leukimia.

3. Dani Pedrosa menjadi pebalap paling sukses di Valencia. Dia mencatatkan 6 kemenangan: 3 di kelas MotoGP, 2 di kelas 250 cc dan1 di kelas 125 cc.

4. Selain Pedrosa, dua pebalap Spanyol yang masih aktif di kelas MotoGP, yakni Marc Marquez dan Jorge Lorenzo sudah menang dua kali di Valencia. Sedangkan Rossi juga menang dua kali tahun 2003 dan 2004.

5. Sejak tahun 2002, Honda menjadi produsen paling sukses meraih kemenangan di Valencia. Honda mencatatkan delapan kemenangan, sedangkan Yamaha meraih tiga kemenangan di Valencia.

6. Tahun lalu, Marquez memenangkan balapan di Valencia setelah mengawali balapan dari posisi kelima. Itu menjadi pertama kalinya balapan di Valencia bisa dimenangkan oleh pebalap yang start tidak dari baris terdepan. (Tho/Rco)

(red/vit/idayat/AH)

loading...

Comments

comments!