10 Pemimpin Negara Paling Tajir di Dunia

redaksi.co.id - 10 Pemimpin Negara Paling Tajir di Dunia Masih ingat dengan nama Jose Mujica? Presiden Uruguay yang mendapat julukan sebagai Presiden paling miskin di dunia....

11 0

redaksi.co.id – 10 Pemimpin Negara Paling Tajir di Dunia

Masih ingat dengan nama Jose Mujica? Presiden Uruguay yang mendapat julukan sebagai Presiden paling miskin di dunia. Mujica bahkan mengganggap uang tidak penting, dan dia hidup di rumah yang jauh dari kesan mewah dan bergelimang harta. Tunggangannya pun hanya sebuah mobil VW usang yang sudah tua.

Nah, lain halnya dengan nama-nama Presiden atau pemimpin dunia di bawah seperti Vladimir Putin, Kim Jong Un, Sultan Bolkiah, dan sederet nama-nama lain yang masuk dalam daftar pemimpin negara terkaya di dunia.

Dikutip dari the Richest, Selasa (3/11/2015), berikut daftarnya:

10. Albert II, Pangeran Monaco

Monaco, negara kecil di Eropa yang terkenal dengan tempat judi dan biaya hidupnyab yang tinggi, punya pemimpin yang kaya. Pangeran Albert II punya harta kekayaan mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 13,5 triliun.

9. Mohammed VI, Raja Maroko

maroko juga punya pemimpin yang tergolong sebagai pemimpin terkaya di dunia. Raja Mohammed VI punya harta kekayaan mencapai US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 33,8 triliun.

8. Hans Adam II, Pangeran Liechtenstein

Pangeran Hans adalah pemimpin yang membuat wajib pajak menabung di bank-nya sendiri. Dia mengakui kekayaannya tidak berasal dari mana-mana melainkan dari regulasi bank yang longgar. Kekayaan sang Pangeran mencapai US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 47,4 triliun.

7. Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara

Sang diktator dari Korea Utara ini juga adalah pempimpin terkaya dunia. Korea Utara dengan saudaranya Korea Selatan bagaikan bumi dan langit. Di Korea Selatan, banyak perusahaan besar lahir, salah satunya Samsung, dan masyarakat juga anak-anak memiliki kebebebasan untuk melakukan apa saja.

Tapi di Korea Utara hampir kebalikannya. Negaranya bangkrut secara virtual, penduduknya miskin, sambungan listrik minim, dan masyarakatnya tak punya akses air. Sementara sang pemimpin Kim Jong Un punya kekayaan hingga US$ 5 miliar (Rp 67,7 triliun), hampir mencapai seluruh kekayaan negara.

6. Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Emir Sheikh Dubai

Dubai, salah satu kota di Uni Emirat Arab yang besar karena hasil minyaknya. Begitu juga dengan pemimpinnya, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum yang punya kekayaan mencapai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 244 triliun.

5. Jos Eduardo dos Santos, Presiden Angola

Santos dulunya adalah pejuang yang melawan penjajah dari Portugis. Sama seperti kebanyakan negara yang dijajah Eropa, Santos membencinya. Singkat cerita dia akhirnya percaya diri untuk mencalonkan jadi Presiden Angola dan akhirnya terpilih. Selama berkarir dia kini membukukan kekayaannya mnencapai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 271 triliun, yang berasal dari penjualan minyak, dan lainnya.

4. Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei

Pemimpin negara ini bisa disebut yang paling banyak hidup dengan kemewahan. kekayaannya mencapai US$ 20 miliar atau setara Rp 271 triliun. Bukan itu yang membuatnya hidup bergelimang harta. Sultan memkiliki 7.000 mobil mewah yang kebanyakan bermerek Rolls Royces, MErcedes dan Ferrari. Itu artinya, dia bia berganti-ganti mobil setiap hari dalam 19 tahun atau setiap minggu dalam 134 tahun.

3. Khalifa bin Zayed al-Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab

Bukan rahasia lagi jika orang-orang kaya, raja minyak, tinggal di negara ini. Begitu juga dengan pemimpinnya, Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed al-Nahyan yang punya harta kekayaan mencapai US$ 23 miliar atau Rp 311 triliun. Tak hanya dari minyak, Al Nahyan juga memba tu pengelolaan dana investasi US$ 600 miliar.

2. Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand

Sakchai Lalit Raja Bhumibol Adulyadej

Adulyadej masuk ke dalam daftar pemimpin terkaya di dunia, bahkan diibaratkan jika sang raja bersin, maka pasar saham akan bergerak liar. Pria yang mengeyam pendidikan di Swiss ini memegang gelar raja monarki terlama. Kekayaannya mencapau US$ 30 miliar atau sekitar Rp 406,7 triliun.

1. Vladimir Putin, Presiden Rusia

Vladimir Putin, politikus Rusia yang berhasil menjabat Presiden sejak 7 Mei 2012 silam. Vladimir Putin

Putin berada di posisi puncak daftar pemimpin paling kaya di dunia. Kekayaan Putin disebut bernilai US$ 70 miliar atau sekitar Rp 949 triliun. Hartanya bersumber dari minyak, gas, dan lainnya. Beberapa pihak bahkan berspekulasi bahwa kekayaan Putin sendiri sebenarnya menembus US$ 200 miliar, tapi ungkapan tersebut tidak terbukti

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!