Butuh 19 Tahun Nonstop Baca Artikel di Wikipedia

redaksi.co.id - Butuh 19 Tahun Nonstop Baca Artikel di Wikipedia JAKARTA -- Jutaan artikel di Wikipedia rupanya hanya mencakup 5 persen dari kebutuhan pengetahuan manusia. Hal...

10 0

redaksi.co.id – Butuh 19 Tahun Nonstop Baca Artikel di Wikipedia

JAKARTA — Jutaan artikel di Wikipedia rupanya hanya mencakup 5 persen dari kebutuhan pengetahuan manusia. Hal itu diungkapkan oleh komunitas Wikipedia yang memperkirakan diperlukan jutaan artikel lagi untuk mencukupi ‘dahaga ilmu pengetahuan’.

Dilansir dari The Telegraph, ensiklopedia online terbesar ini selama 14 tahun dijejali dengan 3 miliar kata, 18 juta referensi dan 30 terabyte data. Jika diasumsikan satu menit ada 300 kata yang dibaca, maka dibutuhkan lebih dari 19 tahun waktu nonstop untuk membaca semua artikel di Wikipedia.

“Masih ada kesenjangan besar dalam cakupan dan jutaan topik penting yang hilang dari halaman-halamannya. Bahkan banyak artikel penting yang dianggap belum berkualitas tinggi,” ujar komunitas Wikipedia.

Namun, ‘pengetahuan’ sebanyak itu ternyata masih jauh dari pengetahuan yang diperlukan oleh manusia. Menurut Wikipedia, masih dibutuhkan 104 juta artikel lagi untuk mencukupi kebutuhan pengetahuan manusia.

Perkiraan ini mengasumsikan setidaknya diperlukan 44,7 juta artikel mengenai sains.

Hal ini belum mencakup materi-materi seperti meteorologi. Banyak pula artikel yang hanya berisi informasi dasar. Di bidang astronomi misalnya, berdasarkan perhitungan setidaknya diperlukan 25 juta artikel dan jumlah ini terus tumbuh sepanjang waktu. Apalagi, ilmu pengetahuan semakin berkembang.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!