Ikan Pari Pink Terekam di Great Barrier Reef

redaksi.co.id - Ikan Pari Pink Terekam di Great Barrier Reef Seekor ikan pari berwarna pink (merah jambu) terekam kamera di dekat perairan Bundaberg, Great Barrier Reef....

21 0

redaksi.co.id – Ikan Pari Pink Terekam di Great Barrier Reef

Seekor ikan pari berwarna pink (merah jambu) terekam kamera di dekat perairan Bundaberg, Great Barrier Reef. Peristiwa itu disebut sebagai yang pertama terlihat di Australia.

Seorang pelatih renang bernama Ryan Jeffery beberapa waktu lalu sedang melatih renang di dekat pulau Lady Elliot Island saat melihat ikan pari tersebut.

“Saya melihat ikan yang tampak aneh ini. Tapi ikan ini tampak akrab dan berada di dekat saya sekitar setengah jam lamanya. Saat itu ada juga ikan pari lainnya dan langsung kelihatan perbedaan warna tubuh ikan ini,” kata Ryan.

Ryan kemudian mengambil foto dan video ikan ini.

“Saya sudah sering berenang di sini dan tidak pernah melihat ikan pari sama sekali. Saya kemudian kembali ke lokasi yang sama dan berharap bisa melihat ikan pari tersebut, tapi dia tidak pernah muncul lagi,” katanya.

Seorang pakar ikan pari Kathy Townsend menjelaskan, adanya warna pada ikan pari itu cukup mengherankan.

“Ikan pari ini jenis jantan dewasa dan jelas memiliki warna pink di bagian tubuh yang seharusnya berwana putih,” jelas Townsend.

Menurut dia, ada sejumlah kemungkinan yang bisa menjelaskan hal ini.

“Biasanya ikan pari atau ikan hiu saat stres akan berubah warna tubuhnya. Namun menurut Ryan, saat itu ikan pari ini tampak santai dan bahkan akrab,’ katanya.

Karena itu, kata Townsend, kemungkinan warna pink bukan disebabkan karena ikan itu mengalami stres.

Menurutnya, seorang rekannya pernah melihat ikan pari warna pink di perairan Mozambik, Afrika, dan diketahui ikan itu sedang mengalami infeksi kulit.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!