Menteri era SBY bilang foto Suku Anak Dalam angkat citra Jokowi

redaksi.co.id - Menteri era SBY bilang foto Suku Anak Dalam angkat citra Jokowi - Mantan Menteri Hukum dan HAM era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Amir...

31 0

redaksi.co.id – Menteri era SBY bilang foto Suku Anak Dalam angkat citra Jokowi

– Mantan Menteri Hukum dan HAM era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Amir Syamsudin angkat bicara soal foto Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi yang menuai kontroversi di sosial media.

Dia menilai tidak ada yang salah dengan foto tersebut. Bahkan, dia mengatakan itu cerminan Presiden Jokowi yang merakyat.

“No Problem (Nggak ada salah) dengan foto Presiden Jokowi bersama Suku Anak dalam, justru mengangkat citra Presiden Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Suku Anak Dalam,” ujar Amir di kantor YLBHI, Jalan Diponogoro, Jakarta Pusat, Rabu (4/11).Lebih jauh, Amir menganggap foto tersebut membuktikan betapa Presiden Joko Widodo begitu menyatu dengan rakyat dan mau turun melayani orang-orang yang bersahaja. Amir tak mau membahas polemik tentang foto tersebut hasil settingan atau bukan.”Itu foto (Jokowi) kan menunjukkan bahwa dia merakyat, apa yang salah dengan foto itu. Menurut saya sah-sah aja, soal perbandingan foto suku anak dalam yang ganti baju dan nggak pakai baju nggak ada yang salah tuh,” kata Politikus Demokrat ini.Sedangkan mengenai dikeluarkannya Surat Edaran Kapolri tentang Penanganan Ujaran Kebencian yang berdekatan waktunya dengan beredarnya foto-foto pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Suku Anak Dalam yang diduga rekayasa, Amir menilai hal tersebut hanyalah kebetulan semata, sehingga masyarakat kemudian menghubung-hubungkannya.Akan tetapi, Amir menegaskan, kepada siapa pun yang berusaha keras untuk menghubungkan kedua hal tersebut, maka tidak akan menemukan apa benang merah dari Surat Edaran Kapolri dengan foto Presiden Joko Widodo tersebut.Sebelumnya, foto pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Suku Anak Dalam saat menggelar kunjungan ke Jambi jadi perbincangan di dunia maya. Dari beberapa gambar yang diunggah oleh Tim Komunikasi Presiden, salah satu foto sebuah pertemuan antara Jokowi dengan Suku Anak Dalam dituding ‘settingan’ beredar di media sosial.Foto yang menjadi perbincangan itu adalah gambar dialog antara sang Presiden dengan beberapa orang dari Suku Anak Dalam. Foto tersebut berlangsung Jumat (30/10) lalu, di Desa Bukti Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.Dengan menggunakan lingkaran yang terdiri dari lima warna, pengunggah pertama meyakini dua foto Jokowi adalah setingan. Dalam foto di atas, para perwakilan nampak menggunakan baju, sedangkan foto berikutnya dalam keadaan telanjang dada.Diyakini orang-orang bertelanjang dada dalam foto tersebut merupakan sosok yang sama dengan foto Suku Anak Dalam yang berpakaian lengkap. Alhasil, banyak yang menggunjingkan Jokowi sengaja menyetting pertemuan tersebut.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!