Kunjungi Laos, Obama Catat Sejarah Baru

237

redaksi.co.id – Kunjungi Laos, Obama Catat Sejarah Baru

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana mengunjungi Laos tahun depan untuk menghadiri pertemuan puncak ekonomi regional. Kunjungan ini menjadikan Obama sebagai Presiden AS pertama yang mengunjungi negara itu.

Seperti diberitakan laman Channel NewsAsia, Kamis (5/11), Obama akan membuat sejarah ketika ia menghadiri konferensi ASEAN di negara miskin tapi ekonomi tumbuh itu, yang secara besar-besaran dibom oleh AS selama Perang Vietnam.

Ajudan Keamanan Nasional Ben Rhodes mengatakan, kunjungannya sendiri baru-baru ini ke Laos telah membantu meletakkan dasar Vientiane sebagai tempat KTT ASEAN 2016.

Presiden AS akan melakukan perjalanan ke Malaysia akhir bulan ini untuk berpartisipasi dalam KTT ASEAN tahun ini. Kehadirannya ini menggarisbawahi keseriusan poros AS ke Asia dan Pasifik.

Menyinggung tentang masa lalu yang pahit antara Laos dan AS, Rhodes mengatakan Washington bisa berbuat lebih banyak untuk membersihkan bom yang tidak meledak dan mengancam negara itu sejak Perang Vietnam.

Pesawat-pesawat tempur AS menurunkan lebih dari dua juta ton artileri pada Laos (1964-1973) di beberapa 580 ribu misi pengeboman. Tujuannya adalah memotong jalur pasokan Vietnam Utara melalui negara tetangga. Diperkirakan, 30 persen dari artileri gagal meledak.

Laos dan AS telah meningkatkan hubungan selama kepresidenan Obama. Hubungan AS dengan Vietnam juga telah diperkuat.

(red/atno/wi/anto/RDS)

loading...

Comments

comments!