Lebih Dekat dengan Sirkuit Ricardo Tormo

redaksi.co.id - Lebih Dekat dengan Sirkuit Ricardo Tormo jika ada daftar sirkuit yang paling enak untuk nonton MotoGP atau balapan, sirkuit Ricardo Tormo, Valencia mungkin masuk...

14 0

redaksi.co.id – Lebih Dekat dengan Sirkuit Ricardo Tormo

jika ada daftar sirkuit yang paling enak untuk nonton MotoGP atau balapan, sirkuit Ricardo Tormo, Valencia mungkin masuk dalam daftar. Pasalnya,penonton yang datang hadir di sirkuit ini tak akan melewatkan satu pun adegan balapan yang sedang berlangsung.

Hal tersebut tak terlepas dari desain sirkuit Valencia yang memang dirancang agar semua bagian balapan bisa dilihat oleh para penonton yang duduk di tribun. Soal kapasitas, tidak tanggung-tanggung, tribun-tribun di sirkuit ini mampu menampung 120 ribu penonton sekaligus.

Karena atmosfer luar biasanya itu, sirkuit Valencia di tiga musim belakangan selalu menjadi tempat seri terakhir MotoGP.

Jika dibandingkan dengan sirkuit MotoGP lainnya, sirkuit Ricardo Tormo tergolong sirkuit senior. Dibangun pada tahun 1999 dan langsung dapat kesempatan menghelat MotoGP, sirkuit Ricardo Tormo memiliki panjang empat kilometer, lebar 12 meter serta sembilan tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan.

Nama Ricardo Tormo sendiri dambil dari nama pembalap legendaris Spanyol, Ricardo Tormo yang lahir di Valencia 7 September 1952 dan meninggal pada 27 Desember 1998, satu tahun sebelum sirkuit ini dibuka.

Uniknya, meski tergolong sirkuit senior, sirkuit ini ternyata jarang masuk ke dalam daftar sirkuit favorit para pembalap MotoGP bahkan yang berasal dari Spanyol seperti Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Namun demikian, hal itu tak menghalangi sirkuit ini menyabet berbagai penghargaan.

Tercatat, sirkuit Ricardo Tormo tiga kali menyabet penghargaan dari International Road racing Team Association (IRTA) pada tahun 2003, 2004, dan 2006. Dua kali penghargaan sebagai sirkuit terbaik untuk Superbike pada tahun 2000, 2006, dan satu kali untuk balapan Truck Grand Prix pada 2001.

Di MotoGP, Dani Pedrosa adalah pembalap tersukses di sirkuit Ricardo Tormo. Pembalap Repsol Honda itu total sudah mengoleksi enam kemenangan (tiga di kelas MotoGP, dua di 250 cc, dan satu di kelas 125 cc).

Akhir pekan nanti, Minggu (8/11/2015), 120 ribu pasang mata yang memadati sirkuit Ricardo Tormo bakal jadi saksi duel antara dua pembalap Movistar Yamaha: Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi untuk menyabet gelar juara dunia MotoGP musim 2015.

Rossi sejauh ini unggul tujuh poin dari Lorenzo. Namun fakta bahwa Rossi harus start dari posisi belakang membuat Lorenzo punya kans besar untuk menjadi juara dunia musim ini. (Fie/Vid)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!