ISIS Diduga Gunakan Senjata Kimia di Suriah

redaksi.co.id - ISIS Diduga Gunakan Senjata Kimia di Suriah SURIAH -- Pengawas Internasional menemukan fakta yang mencengangkan. Dimana dalam konfllik Suriah, senjata kimia berjenis gas mustard...

21 0

redaksi.co.id – ISIS Diduga Gunakan Senjata Kimia di Suriah

SURIAH — Pengawas Internasional menemukan fakta yang mencengangkan. Dimana dalam konfllik Suriah, senjata kimia berjenis gas mustard dipakai dalam pertempuran yang ada.

Senjata kimia ini menyebabkan luka bakar pada mata, kulit dan paru-paru. Serta dilarang berdasarkan hukum internasional. Namun telah digunakan selama pertempuran oleh gerilyawan dan ISIS.

Menurut laporan rahasia bertanggal 29 Oktober 2015 oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), ada sampel dua orang yang terkena efek mustard. Yakni berada di Kota Marea, Utara Aleppo pada 21 Agustus 2015.

“Hal ini sangat mungkin bahwa efek dari sulfur mustard mengakibatkan kematian bayi,” kata seorang Anggota OPCW dilansir AlArabiya JUmat (6/11).

Pihak Kurdi juga mengatakan ISIS menembakkan mortir yang mengandung agen mustard pada pejuang Peshmerga Kurdi di Irak utara selama bentrokan pada bulan Agustus lalu. Mereka mengatakan sampel darah yang diambil dari sekitar 35 pejuang yang terkena dalam serangan barat daya dari ibukota daerah Erbil menunjukkan tanda tanda gas mustard

Ini menimbulkan pertanyaan besar dari mana ISIS mendapat persenjataan seperti ini. Apakah dipasok dari pihak ketiga ataukah mereka membuatnya sendiri. Rencananya temuan ini akan resmi disampaikan kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada akhir bulan ini.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!