Jokowi: 3 Tahun Lagi Jalan Tol Lampung Tembus ke Palembang

redaksi.co.id - Jokowi: 3 Tahun Lagi Jalan Tol Lampung Tembus ke Palembang Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ketiga kalinya ke proyek tol Trans Sumatera bakauheni-Terbanggi...

12 0

redaksi.co.id – Jokowi: 3 Tahun Lagi Jalan Tol Lampung Tembus ke Palembang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ketiga kalinya ke proyek tol Trans Sumatera bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung hari ini. Jokowi menyebut, 3 tahun lagi, tol ini akan tembus hingga ke Palembang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, agar mempercepat pembangunan ruas tol sepanjang 140 kilometer (km) ini, proyek dibagi menjadi 4 bagian yang dikerjakan oleh 4 kontraktor yang berbeda. Keseluruhannya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Memang di sini ada empat seksi yang dibangun oleh BUMN berbeda-beda. Di ujung di Bakaheuni oleh PT PP Tbk. Dan di sini oleh PT Waskita karya, di sebelahnya PT Adhi Karya Tbk, di sebelah sananya lagi PT Wijaya Karya Tbk. Cara-cara kerja seperti ini akan mempercepat,” tutur Jokowi kala melakukan kunjungan di KM 77 Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (6/11/2015).

Jokowi menyebut, ini ketiga kalinya dia mengunjungi tol yang dikerjakan PT Hutama Karya ini. Diketahui, PT Hutama Karya diberikan penugasan oleh pemerintah.

Baca Juga

“Ini yang ketiga. Karena progress perkembangan tiap hari, tiap minggu, tiap bulan saya melihat. Baik masalah ganti rugi lahan, baik masalah pekerjaan lapangan terus kita pantau,” jelas Jokowi.

Suami Iriana ini mengatakan, target pemerintah adalah bisa menyelesaikan pekerjaan fisik dari tol ini secepatnya. Sehingga tol ini bisa fungsional di 2018. “3 tahun sudah tembus sampai Palembang nanti yang dari barat Aceh mulai lagi menuju ke timur,” kata Jokowi.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli hasan yang mendampingi Jokowi menuturkan, jalan tolini sudah lama ditunggu masyarakat setempat. Kini, perkembangan pembangunan sudah menunjukkan sinyal yang baik.

“Rencana jalan ini dulu lama sekali, sehingga masyarakat hampir hilang kepercayaan, cuma janji-janji. Sekarang sudah kelihatan. Sekarang masyarakat Lampung khususnya Lampung Selatan terima kasih pada pemerintah khususnya Bapak Presiden karena jalannya sudah jadi. Lihat saja kita sudah kayak luar negeri ini,” papar politis PAN kelahiran Lampung ini.

Dalam peninjauannya, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Lampung Ridho Ficardo dan pejabat lainnya. (Zul/Ahm)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!