Hujan Bisa Bantu Rossi

redaksi.co.id - Hujan Bisa Bantu Rossi Pengamat MotoGP Iwan Banaran, menilai peluang Valentino Rossi merebut gelar juara dunia tetap terbuka. Menurutnya, peluang itu akan semakin besar...

30 0

redaksi.co.id – Hujan Bisa Bantu Rossi

Pengamat MotoGP Iwan Banaran, menilai peluang Valentino Rossi merebut gelar juara dunia tetap terbuka. Menurutnya, peluang itu akan semakin besar jika terjadi hujan pada seri terakhir di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2015).

“Kalau balapan di kondisi kering peluang Rossi 20 persen, tapi kalau hujan peluang Rossi bisa mencapai 50 persen,” kata Iwan ketika dihubungi Liputan6.com.

Iwan menambahkan, dibanding dengan pesaingnya, Jorge Lorenzo, Rossi lebih berpengalaman melaju dalam kondisi trek basah. “Kalau Lorenzo saya pikir dia kurang percaya diri meskipun sudah dibantu teknologi,” kata Iwan.

Di musim ini, kemampuan Rossi untuk mengatasi trek basah memang sudah teruji. The Doctor sukses memenangkan balapan di sirkuit Silverstone, Inggris Oktober lalu di bawah guyuruan hujan, mengalahkan Lorenzo yang hanya finis di tempat keempat.

Meski demikian, Iwan mengungkapkan resiko yang harus ditempuh Rossi untuk dapat merangsek ke posisi depan sangat besar. Pasalnya, ada banyak pembalap yang harus disalip oleh rider asal Italia itu.

“Kuncinya ada di start. Kalau start Rossi bagus akan lebih mudah. Tetapi itu juga jadi sulit karena ada banyak pembalap di depan Rossi,” ujar Iwan.

Rossi terkena sanksi harus start dari grid paling belakang setelah insiden dengan rider Repsol Honda, Marc Marquez di lap ketujuh MotoGP Malaysia, 25 Oktober 2015. Kala itu, kaki Rossi dianggap melakukan gerakan aktif untuk membuat Marquez keluar trek.

Namun setelah bandingnya di CAS ditolak, Rossi pun harus rela start dari posisi paling belakang. Keadaan ini membut peluang Rossi untuk meraih gelar juara dunia musim ini menipis mengingat dia hanya unggul tujuh poin dari Lorenzo. (Rco/Bog)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!