Tricorder ala Film Star Trek Ini Bisa Deteksi Ebola

redaksi.co.id - Tricorder ala Film Star Trek Ini Bisa Deteksi Ebola REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda ingat Mr Spock yang ada di film Star Trek? Teknologi Tricorder...

15 0

redaksi.co.id – Tricorder ala Film Star Trek Ini Bisa Deteksi Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anda ingat Mr Spock yang ada di film Star Trek? Teknologi Tricorder Mr. Spock dalam film Star Trek kiranya kini sudah dibuat nyata oleh seorang ilmuwan di Newcastle. Gadget canggih ini kabarnya akan dirilis tahun depan.

Tricorder ini nantinya dapat membantu dunia medis untuk mendiagnosa berbagai macam penyakit dalam hitungan menit. Bentuknya yang handy ini dirancang untuk menganalisis DNA manusia dalam waktu kurang dari 15 menit dengan tingkat akurasi yang hampir sama dengan test laboratorium.

Gadget yang akan di rilis akhir tahun 2016 mendatang ini kabarnya dapat mengobati penyakit sekelas Ebola sekalipun dengan tingkat akurasi yang juga cukup besar.

Pencipta tricorder di film Star Trek Jonathan O’Halloran (39 tahun) sangat berharap, perangkat yang sudah ia ciptakan selama delapan tahun ini dapat didunakan. Sehingga kehadirannya dapat membantu para medis untuk mendeteksi suatu penyakit tanpa harus melakukan cek laboratorium.

Sementara itu, CO-Founder QuantuMDx yang merupakan perusahaan pembuatan alat ini di Newcastle, Kernel Mag mengungkapkan bahwa mereka kini masih berusaha terus mengembangkan alat ini agar dapat dilakukan di luar rumah sakit.

Ia berharap dengan diciptakannya alat ini dapat membantu tenaga medis agar suatu penyakit dapat lebih mudah di deteksi dan segera dilakukan pengobatan.

“Kami masih berusaha untuk mencapai sebuah titik di mana kami bisa melakukan diagnosis pasien melalui alat ini di luar lapangan,” ungkapnya, seperti yang dilansir Dailymail, Rabu (3/11).

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!