AS: Rusia Telah Membahayakan Dunia

redaksi.co.id - AS: Rusia Telah Membahayakan Dunia Menteri Pertahanan AS Ash Carter menuding Rusia telah membahayakan dunia. Washington sedang mencari cara tepat untuk mencegah agresi Kremlin...

19 0

redaksi.co.id – AS: Rusia Telah Membahayakan Dunia

Menteri Pertahanan AS Ash Carter menuding Rusia telah membahayakan dunia. Washington sedang mencari cara tepat untuk mencegah agresi Kremlin dan mendukung sekutu-sekutu mereka.

“Hal yang paling mengganggu adalah hasutan perang nuklir Moskow yang memicu pertanyaan mengenai komitmen pemimpin Rusia tentang stabilitas dan penghormatan mereka tentang penggunaan senjata sennuklir,” ujarnya seperti dikutip the Guardian.

Carter berbicara di hadapan audiens di Ronald Reagan Presidential Library di Simi Valley. Carter mengungkapkan, Rusia menggelar berbagai aksi menantang di laut, udara, angkasa maupun dunia maya. Ini kemungkinan merupakan pernyataan paling tegas Carter yang ditujukan langsung ke Moskow.

“Kami tidak mencari perang dingin, atau perang panas dengan Rusia,” ujarnya. “Kami tidak ingin menjadikan Rusia sebagai musuh. Namun bagaimanapun AS akan melindungi negara mereka, sekutu, dan prinsip internasional,” ujarnya menegaskan.

AS dan Rusia merupakan pemain kunci dalam konflik Suriah. AS mendukung oposisi, sebaliknya Rusia menjadi sekutu terdekat Presiden Suriah Bashar al-Assad. Selain Rusia, Carter juga mengingatkan tentang meningkatnya pengaruh serta militer Cina.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!