Agus Salim, Pahlawan Pertama yang Disemayamkan di TMP Kalibata

redaksi.co.id - Agus Salim, Pahlawan Pertama yang Disemayamkan di TMP Kalibata Siapa yang tidak kenalTaman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan itu. Makam...

76 0

redaksi.co.id – Agus Salim, Pahlawan Pertama yang Disemayamkan di TMP Kalibata

Siapa yang tidak kenalTaman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan itu. Makam yang dibangun pada 1953 itu kini telah menampung lebih dari 7.000 jenazah anggota militer dan veteran sejak Perang Kemerdekaan Indonesia, serta tokoh-tokoh bangsa Indonesia lainnya.

Menurut penjaga makam TMP Kalibata, Hamdani (61), orang yang pertama kali dimakamkan di TMP ini adalah mantan Menteri Luar Negeri RI yang juga pemimpin Sarekat Islam kedua, Agus Salim. Sehingga tak heran, jika makam Agus Salim lebih ramai dikunjungi.

“Makamnya Pak Agus Salim, makam pertama kali di sini. Jadi ramai. Kalau sekarang kan banyak yang pindahan,” kata Hamdani di TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Selain Agus Salim, ada pula beberapa makam pahlawan yang sering dikunjungi peziarah. Mereka adalah Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac Panjaitan dan para pahlawan revolusi lainnya.

“Makam yang sering dikunjungi di sini makam para pahlawan revolusi. Seperti makam Ahmad Yani, Pandjaitan, makam-makam para pahlawan revolusi, pasti ramai ditaburi bunga. Hampir setiap ada acara pasti ramai,” ujar pria yang sudah sejak 1955 berada di daerah Kalibata. (Nil/Sun)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!