4 Langkah Mudah Mengatur Investasi dan Pengeluaran Bulanan

redaksi.co.id - 4 Langkah Mudah Mengatur Investasi dan Pengeluaran Bulanan Dahulukan investasi minimal 10% di reksadana sebelum melakukan pengeluaran rutin lain, sehingga kita bisa mempersiapkan perencanaan...

11 0

redaksi.co.id – 4 Langkah Mudah Mengatur Investasi dan Pengeluaran Bulanan

Dahulukan investasi minimal 10% di reksadana sebelum melakukan pengeluaran rutin lain, sehingga kita bisa mempersiapkan perencanaan keuangan dengan baik. Mungkin hal ini terlihat sulit, untuk mengatur investasi sekaligus pengeluaran bulanan. Padahal keduanya penting untuk aktivitas harian maupun untuk tabungan di masa depan. Lalu, bagaimana cara agar kedua pengeluaran ini terpenuhi?

Ini dia langkah mudah mengelola gaji untuk mengatur pengeluaran bulanan dan investasi Anda.

1. Bagilah Pengeluaran Anda

Setiap Anda menerima pemasukan, aturlah pengeluaran sesuai kebutuhan Anda. Pengeluaran ini bisa dibagi untuk pengeluaran harian, cicilan bulanan, pengeluaran untuk hiburan, dan investasi. Pembagian ini bertujuan agar Anda bisa merencanakan keuangan sejak awal.

2. Buatlah Komitmen

Setelah membagi pengeluaran Anda, buatlah komitmen untuk menabung dengan berinvestasi. Dalam sebulan Anda bisa mengalokasikan 10 persen pengeluaran Anda untuk kebutuhan investasi di masa depan. Alokasi untuk investasi memang penting, agar Anda bisa menabung secara rutin dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

3. Pisahkan Rekening Tabungan

Anda pun bisa membuat dua tabungan untuk menabung dan pengeluaran harian. Selain memiliki rekening untuk kebutuhan sehari-sehari, Anda juga harus memiliki rekening untuk menabung. Sehingga ketika mendapatkan pemasukan, Anda pun bisa memindahkan dana ke rekening yang sudah ditetapkan untuk investasi jangka panjang, seperti reksadana.

4. Pisahkan Pengeluaran Tidak Terduga

Jangan lupa untuk memberi anggaran untuk pengeluaran tidak terduga. Tentunya Anda tidak ingin rencana keuangan Anda akan berantakan karena keadaan darurat. Untuk itu, alokasikan juga pengeluaran tidak terduga untuk kondisi yang tidak diinginkan.

Tentunya dibutuhkan gaji yang sesuai untuk bisa mengalokasikan dana untuk investasi. Apakah gaji Anda sudah cukup untuk investasi? Apakah gaji Anda saat ini sudah sesuai dengan posisi dan lamanya Anda berkarir?

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!