5 Presiden dengan Gaji Paling Kecil di Dunia

redaksi.co.id - 5 Presiden dengan Gaji Paling Kecil di Dunia Jangan dikira semua Presiden di dunia punya gaji yang tinggi. Menjadi pemimpin negara yang menanggung beban...

66 0

redaksi.co.id – 5 Presiden dengan Gaji Paling Kecil di Dunia

Jangan dikira semua Presiden di dunia punya gaji yang tinggi. Menjadi pemimpin negara yang menanggung beban yang berat, tidak menjamin mendapatkan gaji yang tinggi.

Setidaknya hal itu dibuktikan oleh lima pemimpin negara yang digaji paling rendah di dunia, menurut Richest Lifestyle, dikutip Senin (9/11/2015).

Dari 5 orang pemimpin negara dengan gaji yang paling rendah, dua orang diantaranya berasal dari Benua Afrika, dua dari Asia, dan satu orang dari Amerika Latin.

Berikut daftarnya dihitung dari 5 teratas ke paling rendah:

5. Pranab Mukherjee – Presiden India

Pranab sudah menjadi Presiden India sejak Juli 2012. Meski ekonomi In dia tengah berkembang pesat, gaji sang Presiden masuk dalam daftar Presiden dengan gaji paling rendah di dunia.

Dalam setahun, Mukherjee mendapatkan gaji US$ 28.800 atau sekitar Rp 393 juta (kurs Rp 13.657 per dolar). Per bulan, Presiden ini mendapatkan Rp 32,7 juta, dan termasuk salah satu yang terendah di dunia. Pejabat sebuah perusahaan pun punya gaji yang lebih tinggi darinya.

Namun, dia tinggal di bangunan mewah yakni Rasahtrapathi Bhavan, sebuah gedung besar dengan 340 kamar. Dia juga punya 200 staf untuk merawat gedungnya.

4. Xi Jinping – Presiden China

China, sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia tak menjamin Presidennya mendapatkan gaji yang besar. Buktinya Xi Jinping hanya mendapatkan gaji US$ 22.300 atau sekitar Rp 304,5 juta per tahun.

Nilai itu pun sudah mengalami kenaikan 62 persen belakangan ini, sebagai bagian dari kenaikan gaji pegawai negari sipil (PNS) di Negeri Matahari Terbit itu.

Meski sudah mengalami kenaikan, gaji sang Presiden dinilai masih rendah dibanding rekan-rekannya. Perdana Menteri Inggris saja digaji sekitar US$ 219.000, hampir 10 kali lipat dibanding yang didapat Xi Jinping. Gaji bulanan Xi naik dari US$ 1.120 menjadi US$ 1.854 sebagai hasil dari kebijakan kenaikan gaji.

3. Beji Caid Essebsi – Presiden Tunisia

Beji Caid Essebsi tekah menjadi Presiden Tunisia sejak Desember 2014. Pendahulunya, Moncef Marzouki menyatakan keputusannya untuk memangkas 2/3 gajinya di 2014. Marzouki akhirnya hanya mendapatkan gaji US$ 12.000 dari bayaran kotor US$ 19.000.

Dia berpendapat bahwa negara harus menjadi contoh untuk menangani memburuknya situasi keuangan negara. Dia telah memerintahkan pengurangan biaya kepresidenan. Gaji bulanan Presiden Tunisia adalah sekitar US$ 1.350. Sekarang, gaji Presiden Tunisia yang dijabat Beji adalah sekitar US$ 1.350 per bulan atau US$ 16.000 per tahun, setara dengan Rp 218 juta.

2. Micky Sal – Presiden Senegal

Macky Sall telah menjabat sebagai Presiden sejak April 2012. Gaji bulanannya mencapai US$ 1.300, lebih tinggi dibanding dua Presiden terdahulunya tyakni Abdou Diouf dan Abdoulaye Wade yang hnaya mendapatkan US$ 867.

Pria 53 tahun ini tumbuh dari keluarga miskin. Dia menjadi Perdana Menteri sejak 2004 hingga 2007, dan dia juga pernah menjabat sebagasi Walikota Fatick selama dua periode. Fatick adalah kampung halaman Sall. Dalam sethaun, Sall mendapatkan bayaran US$ 15.600 atau setara Rp 213 juta.

1. Jose Mujica – Presiden Uruguay

Inilah sosok Presiden dengan gaji paling rendah di dunia. Dibanding rekan-rekannya sesama petinggi negara yang mendapatkan gaji tinggi, Mujica hanya mengantongi US$ 15.000 atau sekitar Rp 204 kuta per tahun.

Mujica adalah seorang yang dermawan. Gajinya yang sebenarnya adalah US$ 144 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar, tapi dia mendonasikan 90 persen dari gajinya itu untuk disumbangkan.

Dia juga adalah presiden paling dermawan di dunia. ayanya yang sederhana menjadikan Mujica berbeda dari pemimpin negara lainnya. Mujica juga dikenal sebagai Presiden paling miskin di dunia, dia tidak punya rekening bank hanya memiliki utang yang sangat sedikit.

Jose Mujica hidup di rumah sederhana dipenuhi kebun dan bunga bersama istrinya. Kendaraan kesayangan yang ia tunggangi hanya mobil Volkswagen (VW) tahun 1987. Dan kendaraan resminya sebagai Presiden adalah Chevrolet Corsa yang disebutnya, ‘Mobil Kepresidenan’.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!