Jika Menang Pemilu, Suu Kyi Berambisi Memerintah Presiden

redaksi.co.id - Jika Menang Pemilu, Suu Kyi Berambisi Memerintah Presiden Pemimpin Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi mengatakan presiden yang ditunjuk tak...

27 0

redaksi.co.id – Jika Menang Pemilu, Suu Kyi Berambisi Memerintah Presiden

Pemimpin Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi mengatakan presiden yang ditunjuk tak akan memiliki wewenang, ketika partainya mampu membentuk pemerintahan.

Dalam wawancara dengan kantor berita Channel NewsAsia di rumahnya, Selasa (10/11/2015), Suu Kyi mengatakan jika partainya berhasil keluar jadi pemenang dalam Pemilu yang baru saja berlangsung, presiden yang ditunjuk hanya untuk memenuhi persyaratan yang ada dalam konstitusi negara.

Suu Kyi sebelumnya pernah mengatakan bahwa dirinya ingin berada di atas Presiden jika partainya memenangkan Pemilu.

Di hari Selasa dia menegaskan kembali bahwa dia akan menjadi orang yang akan memberi perintah kepada Presiden jika partainya memenangkan Pemilu.

Perlu diketahui berdasarkan konsitusi negara yang disusun oleh rezim militer dirinya tak memungkinkan menjabat sebagai Presiden.

Lebih dari 30 juta warga Myanmar memberikan suara mereka baik di dalan negeri maupun di luar negeri pada 8 November 2015.

NLD berharap dapat memperoleh 67 persen kursi legislatif nasional untuk dapat menunjuk Presiden dan membentuk pemerintahan.

Sejauh ini NLD telah memenangkan 49 kursi di majelis rendah.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!