3 Rahasia Sukses Investasi Emas Batangan

redaksi.co.id - 3 Rahasia Sukses Investasi Emas Batangan Banyak tawaran investasi yang menggiurkan. Mulai dari investasi saham, properti, obligasi, hingga emas. Investasi emas ini sejak beberapa...

29 0

redaksi.co.id – 3 Rahasia Sukses Investasi Emas Batangan

Banyak tawaran investasi yang menggiurkan. Mulai dari investasi saham, properti, obligasi, hingga emas. Investasi emas ini sejak beberapa tahun lalu sudah digandrungi banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Ada dua macam emas yang bisa dibuat investasi, Gold Exchange Traded Funds dan emas batangan. Dari sekian banyaknya jenis investasi, emas batangan sepertinya salah satu yang paling mudah untuk Anda lakukan. Karena Anda enggak perlu bantuan profesional untuk mengelola emas yang sudah Anda beli.

Berinvestasi pada emas batangan memang enggak akan bikin Anda tambah kaya. Investasi bidang ini hanya akan mempertahankan kekayaanmu. Tapi, bukan berarti investasi ini enggak bagus. Anda bisa memanfaatkan emas batangan untuk mempersiapkan rencana keuangan beberapa tahun ke depan.

Selain itu, banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari investasi emas batangan yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini tiga cara mudah menginvestasikan uangmu pada emas batangan seperti yang dilansir thestreet.com, Selasa (10/11/2015).

1. Menabung emas untuk rencana masa depan

Anda juga bisa membeli emas untuk menabung keperluan masa depan. Seperti biaya kuliah, menikah, pendidikan anak, naik haji atau pun umroh. Caranya sangat mudah. Anda hitung berapa jumlah uang yang Anda butuhkan untuk biaya kuliah atau menikah. Tapi pelaksanaan pernikahan dan kuliah minimal lima tahun lagi.

Kemudian, Anda konversikan total biaya tersebut ke dalam bentuk emas. Misalnya, total biaya Rp 100 juta dan setara dengan 200 gram emas. Setiap bulan, Anda harus membeli emas sedikit demi sedikit hingga mencapai 200 gram.

Karena tren positif emas naik 20 persen tiap tahunnya, biasanya ketika Anda menjual 200 gr emas lima tahun kemudian, uang yang Anda terima lebih dari biaya yang Anda butuhkan.

2. Beli saat harga murah

Cara yang paling mudah adalah membeli emas batangan pada saat harganya murah. Dan menjualnya kapan pun Anda butuh uang. Tapi sebaiknya, jual emas batanganmu pada saat harga emas naik. Sehingga selisih nilai jual beli akan jadi keuntungan Anda.

3. Gadaikan emas untuk modal usaha

Anda juga bisa mendapatkan modal usaha dengan menggadaikan emas batangan yang Anda punya. Lalu, ketika Anda sudah mendapatkan keuntungan dan modal pun sudah kembali, Anda bisa menebus emasmu.

Tapi pastikan usahamu mendapatkan keuntungan dan balik modal. Jangan sampai Anda salah memilih usaha sehingga modal pun belum bisa kembali. (Vna/Ndw)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!