Capres FIFA Usul Piala Dunia 40 Peserta

136

redaksi.co.id – Capres FIFA Usul Piala Dunia 40 Peserta

Salah satu kandidat Presiden FIFA, Gianni Infantino mengusulkan ide peserta Piala Dunia diikuti 40 negara. Menurut dia, inovasi ini membuat perhelatan Piala Dunia bakal lebih kompetitif.

Kebijakan penambahan jumlah peserta sebenarnya telah dilakukan di Piala Eropa 2016. UEFA menambah kuota peserta dari 16 tim menjadi 24 tim. Menurut Gianni terobosan tersebut mampu menjaring kontestan baru untuk unjuk gigi di ajang bergengsi.

Dan bukan suatu yang mustahi, ide itu bisa diterapkan di Piala Dunia; dengan menambah delapan peserta dari sebelumnya 32.

“Saya yakin ekspansi Piala Dunia dengan pengalaman yang kami punya di Eropa dengan Piala Eropa membuat perlehatan lebih kompetitif,” ucap Infantino sebagaimana dilansir dari Soccernet.

Infantino menjelaskan, terobosan ini membuat perhelatan besar seperti Piala Dunia bakal lebih bervariasi. Tidak hanya didominasi oleh beberapa negara tertentu.

“Lihat kualifikasi sekarang (di Piala Eropa) di mana beberapa tim yang belum pernah lolos bisa tampil. Namun, tidak yang selalu mencapai putaran grup justru gagal.”

Pria asal Swiss itu berkaca dari keberhasilan tiga negara debutan di Piala Eropa 2016, yaitu Islandia, Irlandia Utara dan Albania. Sedangkan, tim langganan Piala Eropa, justru gagal melaju ke Prancis setelah tersingkir di babak Kualifikasi.

“Maka itu, penambahan jumlah peserta menciptakan dinamika yang sepenuhnya baru di babak kualifikasi sekaligus menciptakan antusiasme baru. Bila Anda serius mengambangkan sepakbola, Anda harus melibatkan lebih banyak asosiasi di event sepakbola terbaik di dunia, yakni Piala Dunia,” ujar pria asal Swiss tersebut.

Infantino sendiri berniat maju dalam pemilihan Presiden FIFA, Februari mendatang untuk menggantikan Sepp Blatter yang disanksi 90 hari oleh Komite Etik FIFA. (Rjp/Win)

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!