Tetap Produktif Kerja Meski Sedang Patah Hati

redaksi.co.id - Tetap Produktif Kerja Meski Sedang Patah Hati Patah hati memang menyakitkan, tetapi jangan sampai membuat Anda menyesali nasib dan hilang fokus. Jangan pula karena...

12 0

redaksi.co.id – Tetap Produktif Kerja Meski Sedang Patah Hati

Patah hati memang menyakitkan, tetapi jangan sampai membuat Anda menyesali nasib dan hilang fokus. Jangan pula karena alasan patah hati, Anda dimarahi bos karena tidak becus bekerja dan sulit konsentrasi.

Di dunia kerja, Anda harus bisa bersikap professional meskipun hati sedang lara. Lalu bagaimana agar tetap produktif dalam bekerja meski sedang patah hati? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti yang dilansir dari thelifehacker.com, Rabu (11/11/2015):

1. Kerjakan tugas yang paling mudah dulu

Sulit berkonsentrasi karena otak dipenuhi bayang-bayang mantan kekasih? Ya, hal tersebut memang sering terjadi. Tapi, usahakan pelan-pelan penuhi benak Anda dengan urusan pekerjaan hingga lama-lama posisi si dia tergantikan penuh oleh hal-hal yang lebih penting.

Mulailah bekerja dengan menyelesaikan tugas paling mudah terlebih dahulu. Kalau tugas yang mudah bisa selesai, Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas yang lebih berat karena sudah mulai bisa berkonsentrasi.

2. Pekerjaan = masa depan Anda

Mulailah mensugesti diri kalau pekerjaan berpengaruh besar terhadap masa depan Anda dan jangan sampai hancur hanya karena gagal bercinta. Kalau Anda sukses di karir, sudah pasti Anda bisa menemukan apa yang Anda cari, termasuk kekasih baru.

Dengan terus mengingatkan diri bahwa masa depan Anda lebih penting dibanding mantan pacar, Anda tidak akan berlama-lama larut dalam air mata dan menjadi lebih konsentrasi saat bekerja.

3. Jangan curhat pada semua orang

Usahakan untuk memendam perasaan Anda di kantor, karena kantor adalah tempat profesional. Walaupun Anda mengalami nasib buruk dalam hal cinta, atasan dan rekan Anda tidak akan peduli. Mereka lebih mengutamakan tugas dan pekerjaan masing-masing daripada mengurusi romantika percintaan Anda.

Jangan sekali-kali jadikan patah hati sebagai alasan kinerja kerja yang menurun, karena ini artinya Anda tidak profesional.Kalau pun Anda butuh teman curhat, pilih rekan kerja yang bisa dipercaya dan mau mendengar unek-unek Anda.

Namun jangan sampai juga Anda menganggu dirinya terus menerus karena ingin curhat, sementara rekan Anda juga banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

4. Bergerak dan lebih aktif di kantor

Sesering mungkin beranjaklah dari meja kerja Anda. Menyeduh kopi di pantry, menemui resepsionis untuk sekadar mengobrol sambil mengambil surat atau dokumen yang dikirimkan untuk Anda, atau berjalan-jalan di area gedung kantor,

Bila pekerjaan Anda sudah selesai, tidak ada salahnya Anda membantu rekan Anda yang masih bekerja, sehingga Anda tidak berlama-lama tanpa aktivitas. Menyibukkan diri akan membuat Anda terdistraksi dari pikiran galau.

5. Hindari Menyendiri

Kesedihan yang Anda rasakan jangan sampai membuat Anda malas untuk berinteraksi. Cobalah ikut apabila rekan kantor mengajak Anda makan di luar beramai-ramai atau nongkrong bersama sepulang kantor.

Anda bisa juga meluapkan emosi dengan bernyanyi bersama rekan kerja Anda di karaoke, siapa tahu cara itu bisa mengembalikan semangat Anda.

6. Cuti

Setelah semua hal di atas telah Anda lakukan tetapi tidak ada hasil, ada baiknya minta cuti pada atasan untuk istirahat. Mungkin Anda memang perlu break untuk meluapkan semua emosi dalam hati. Silakan tumpahkan semua kegalauan hingga tak tersisa, dan pastikan saat tiba waktunya untuk kembali bekerja, Anda sudah merasa sedikit lebih baik.

Atau manfaatkan waktu cuti tersebut untuk berlibur bersama teman-teman dan keluarga. Bantu diri Anda menyadari bahwa satu kekasih yang pergi tak ada apa-apanya dibanding sahabat dan keluarga yang selalu ada, dan pekerjaan yang bisa membawa kehidupan Anda menjadi lebih baik.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!