Survei BI: Desember akan Terjadi Penurunan Harga

redaksi.co.id - Survei BI: Desember akan Terjadi Penurunan Harga Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sylke Febrina LaucerenoTRIBUNNEWS, JAKARTA - Survei Bank Indonesia (BI) mencatat, tekanan harga jual bakal...

6 0

redaksi.co.id – Survei BI: Desember akan Terjadi Penurunan Harga

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sylke Febrina Laucereno

TRIBUNNEWS, JAKARTA – Survei Bank Indonesia (BI) mencatat, tekanan harga jual bakal melemah pada Desember 2015.

Penurunan harga biasanya didorong oleh banyaknya program diskon akhir tahun dan penurunan harga produk dari distributor. Sejalan dengan kegiatan cuci gudang, kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, di Jakarta, Rabu (11/11/2015)

Dari data survei penjualan eceran BI September 2015, penurunan terlihat dari indeks ekspektasi harga (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 150,2 lebih rendah dari bulan sebelumnya 151,4.

Sementara itu, responden juga memperkirakan tekanan kenaikan harga umum pada 6 bulan mendatang yakni Maret 2016 akan terkendali. Hal ini diindikasikan dari IEH 6 bulan yang akan datang 126,6 lebih rendah dibandingkan 132,3 pada bulan sebelumnya.

Optimisme terhadap terkendalinya tekanan kenaikan harga umum ditengarai dipengaruhi oleh lancarnya distribusi barang dan relatif stabilnya harga barang dari distributor.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!