Bank Dunia: Indonesia Mampu Hadapi Tantangan Dunia

redaksi.co.id - Bank Dunia: Indonesia Mampu Hadapi Tantangan Dunia Kehadiran Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April lalu...

17 0

redaksi.co.id – Bank Dunia: Indonesia Mampu Hadapi Tantangan Dunia

Kehadiran Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April lalu diyakini akan mengangkat perekonomian Indonesia. Pasalnya dengan sistem canggih ini, pengelolaan keuangan negara dapat lebih transparan sehingga berdampak pada pengambilan keputusan dan kebijakan.

SPAN merupakan sistem komputerisasi yang mengintegrasikan beberapa sistem yang sebelumnya terpisah. Meliputi sistem penganggaran, sistem pelaksanaan anggaran dan sistem akuntansi dan pelaporan atas pelaksanaan anggaran. Sistem ini digunakan untuk penyempurnaan pengelolaan keuangan negara.

World Bank Country Director for Indonesia, Rodrigo Chaves saat Seminar Internasional SPAN mengungkapkan, Indonesia adalah negara besar dengan potensi luar biasa. Negara ini mempunyai peranan penting di dunia.

Baca Juga

“Suatu hari Indonesia akan mengambil posisinya di dunia. Saya yakin pemerintah akan mengambil kesempatan yang dimiliki untuk menjadikan negara ini sejahtera. Indonesia juga akan mampu mengatasi tantangan yang datang dari dunia,” kata Chaves di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

SPAN, lanjutnya, memungkinkan Kementerian untuk mengawasi batas pembelanjaan, memenuhi komitmen dan mempersiapkan lebih baik perencanaan pengeluaran negara ke depan. Pusat data sentral yang komprehensif ini akan membantu pemerintah mengatur belanja publik dan mengatasi akuntabilitas secara lebih baik.

“Agenda utama pemerintah harus mengumpulkan data banyak sehingga Indonesia dapat membelanjakan keuangan negara untuk hal-hal produktif seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan maupun kesejahteraan,” jelasnya.

Diakui Chaves, SPAN adalah komponen vital program Government Financial Management and Revenue Administration Project (GMFRAP) yang didukung banyak donor, seperti Bank Dunia, pemerintah Kanada, Uni Eropa dan pemerintah Swiss.

“Penggunaan SPAN bisa memperbaiki perencanaan kebijakan dan pengawasan pembelanjaan negara lebih efektif. Dengan belanja lebih baik, pemerintah bisa mengalokasikan banyak dana untuk program pengentasan kemiskinan dan berbagi kesejahteraan secara lebih merata di seluruh Indonesia,” pungkas Chaves. (Fik/Zul)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!