7 Sosok di Balik Kesuksesan CEO Besar Dunia

redaksi.co.id - 7 Sosok di Balik Kesuksesan CEO Besar Dunia Di balik beberapa tren sukses dalam dunia bisnis dan ekonomi, terdapat para ahli manajemen yang mampu...

17 0

redaksi.co.id – 7 Sosok di Balik Kesuksesan CEO Besar Dunia

Di balik beberapa tren sukses dalam dunia bisnis dan ekonomi, terdapat para ahli manajemen yang mampu menelurkan beberapa ide brilian berkat penelitian yang mereka lakukan.

Contohnya saja professor dari Harvard Business School, Clayton Christensen yang merupakan pencetus ide di balik kesuksesan bisnis di Silicon Valley. Ada juga professor INSEAD, W.Chan Kim dan Renee Mauborgne dengan bukunya Blue Ocean Strategy yang sukses terjual 3,5 juta kopi dan sudah diterjemahkan ke 42 bahasa. Buku itu pun didapuk menjadi buku bisnis terlaku sepanjang masa.

Untuk menghormati para pemikir jenius ini, Des Dearlove dan Stuart Crainer memulai proyek bernama Thinkers50 pada tahun 2001. Tidak lama setelahnya, Thinkers50 pun menjadi salah satu acara penghargaan yang senantiasa memberikan penghargaan kepada individu yang telah sukses untuk menelurkan ide briliannya dalam dunia bisnis dan ekonomi.

Dilansir dari laman Business Insider, Rabu (11/11/2015) berikut beberapa nama tokoh yang paling berpengaruh di dunia bisnis:

7. Roger martin

Roger Martin merupakan mantan dekan dari The Rotman School of Management yang sekarang menjadi kepala riset di bidang produktivitas. Pada tahun 2013, ia meluncurkan buku berjudul `Playing to Win` bersama CEO dari P&G A.G. Lafley.

Buku tersebut menceritakan bagaimana mereka mampu menggandakan hasil penjualan di P&G dan meningkatkan kapitalisasi perusahaan menjadi US$ 100 juta dalam waktu 10 tahun.

6. Linda Hill

Hill merupakan professor dari Harvard Business School di mana ia mengepalai instansi Schools Leadership Initiative di Harvard. Pada tahun 2014, ia menulis buku yang berjudul `Colletive Genius` yang mengeksplore studi kasus pada beberapa organisasi besar yang dapat memanfaatkan ukuran perusahaannya untuk dapat berkompetisi dengan perusahaan startup yang inovatif.

5. Marshall Goldsmith

Goldsmith merupakan professor dari Tuck Business School yang telah membantu lebih dari 150 CEO sebagai seorang konsultan kepemimpinan. 35 judul buku yang ia publikasikan juga telah terjual lebih dari 2 juta kopi.

4. Don Tapscott

Tapscott merupakan founder dan CEO dari Global Solutions Network, yang mempublikasikan riset dari beberapa jaringan yang mempengaruhi pasar saham global. Penelitian terakhirnya fokus meneliti akan teknologi dibalik Bitcoin yang kemungkinan dapat merubah dunia.

3. W. Chan Kim & Rene Mauborgne

Kim dan Mauborgne merupakan seorang professor di INSEAD dan merupakan inisiator dibalik buku `Blue Ocean Strategy` pada 2005. Buku tersebut mengulas tentang sistem yang dapat digunakan para pengusaha untuk menciptakan ruang pasar yang baru.

Strategi yang ia keluarkan juga telah menginspirasi banyak tokoh seperti CEO Box Aaron Levie hingga Walikota Negara Bagian Orlando, Florida.

2. Clayton Christensen

Buku yang diterbitkan Christensen yang berjudul `The Innovator Dilemma` mengulas seputar kesempatan besar yang dimiliki oleh para perusahaan startup untuk dapat mengungguli perusahaan besar.

Christensen merupakan seorang professor dari Harvard Business School yang juga merupakan seorang ahli dalam dunia inovasi bisnis.

1. Michael Porter

Urutan pertama dalam ranking ini ditempati oleh Michael Porter yang telah mempublikasikan berbagai buku dan riset akan dunia bisnis sepanjang hidupnya.

Hasil penelitiannya pun telah dipakai oleh berbagai perguruan tinggi dunia selama hampir dua dekade lamanya. Ia juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan badan pemerintah untuk mensukseskan misi yang mereka miliki. (Vna/NDw)

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!