Sepak Bola Inggris Dinilai Sudah Kehilangan Identitas

redaksi.co.id - Sepak Bola Inggris Dinilai Sudah Kehilangan Identitas Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, menilai sepak bola Inggrissaat ini sudah kehilangan identitas. Menurut dia,...

10 0

redaksi.co.id – Sepak Bola Inggris Dinilai Sudah Kehilangan Identitas

Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, menilai sepak bola Inggrissaat ini sudah kehilangan identitas. Menurut dia, salah satu alasannya karena Premier League terlalu didominasi dengan pemain-pemain luar negeri.

Pencetak gol terbanyak Premier League, Jamie Vardy (tengah), kembali dipanggil tim nasional Inggris … Jamie Vardy

Pernyataan itu diungkapkan Del Bosque menjelang laga uji coba melawan Inggris diEstadio Jose Rico Perez, Sabtu (14/11/2015). Pertandingan tersebut merupakan persiapan kedua tim menghadapi putaran final Piala Eropa 2016 Prancis.

Inggrislolos setelah sukses memuncaki Grup E, sementara Spanyol menjadi juara Grup C. Namun, statistik skuat The Three Lions lebih baik lantaran mampu meraih catatan sempurna, 10 kali menang dari 10 pertandingan.

Meski begitu, Del Bosque mengaku tidak terlalu memusingkan rekor tersebut. Menurut pelatih yang sukses membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) harus tetap serius mengatasi masalah identitas permainan Inggris.

“Menurut saya, sudah tidak ada lagi ‘sepak bola Inggris’. Mereka tidak punya identitas asli. Hal itu terjadi karena ada percampuran gaya berbeda setelah kedatangan beberapa pemain dari luar negeri sehingga membuat mustahil untuk mempertahankan gaya bermain ‘sepak bola Inggris’,” ujar Del Bosque.

“Saya membayangkan masih ada beberapa keanehan di dalam klub Inggris yang sejak dulu dikenal dengan gaya bermain ‘sangat Inggris’, tetapi sulit untuk menemukan klub-klub tersebut di dalam lapangan.”

“Pada akhirnya identitas murni tim nasional hilang. Menurut saya, kondisi ini memang tidak terlalu berbeda di negara-negara lain. Mungkin saya melewatkan sesuatu, tetapi timnas Inggris saat ini telah mulai terlihat seperti tim lain di benua Eropa,” tambah Del Bosque.

Inggris memang belum pernah kembali mencicipi trofi Internasinal sejak meraih trofi Piala Dunia 1966. Setelah itu, prestasi terbaik tim yang kini dilatih Roy Hodgsontersebut adalah mencapai semifinal Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996.

Sumber: Skysports

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!