Freeport dan Chevron Temui Rizal Ramli

redaksi.co.id - Freeport dan Chevron Temui Rizal Ramli Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli bertemu 27 perusahaan Amerika Serikat, diantaranya Freeport dan Chevron.Pertemuan tersebut guna membahas...

17 0

redaksi.co.id – Freeport dan Chevron Temui Rizal Ramli

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli bertemu 27 perusahaan Amerika Serikat, diantaranya Freeport dan Chevron.

Pertemuan tersebut guna membahas paket kebijakan dan tindaklanjut kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Menurut Rizal, organisasi yang tergabung dalam US-ASEAN Business Council, berniat untuk kerjasama terutama di bidang perdagangan. Para pengusaha asal Amerika Serikat itu, kata Rizal tertarik berinvestasi di tanah air

“Anggotanya sangat tertarik untuk meningkatkan hubungan dagang dan bisnis di Indonesia,” ujar Rizal di gedung BPPT, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Pada pertemuan tersebut, hadir Freeport-McMoran yang menyampaikan niatnya ingin memperpanjang kontraknya sebelum waktu yang ditentukan, sesuai dengan harapan dari Revisi Peraturan Pemerintah no.77 tahun 2014. Rizal secara diplomatis meminta Freeport melihat semua masa lalu jika permintaannya dikabulkan.

“Dari Freeport, pada dasarnya kami katakan, kita belajar dari berbagai masalah di masa lalu bagaimana kita bisa perbaiki apa hal-hal itu,” papar Rizal.

Sementara itu, Chevron berniat mengembangkan energi baru terbarukan dari panas bumi. Hal yang mereka minta dari Rizal adalah kemudahan perizinan dan pembebasan lahan.

“Chevron tadi mereka ingin membangun proyek Geothermal di Gunung Salak. Ada soal perizinan, tanah dan macem-macem,” jelas Rizal.

Pertemuan tersebut dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Hanya dalam waktu satu jam lebih, Rizal bersama 27 perusahaan Amerika Serikat mengambil berbagai kesimpulan dan jalan tengah terutama menyangkut sektor sumber daya alam di Indonesia.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!