Pengamat: Struktur Gaji Pejabat Negara di RI Amburadul

redaksi.co.id - Pengamat: Struktur Gaji Pejabat Negara di RI Amburadul Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio berpendapat ketimpangan atau kesenjangan gaji Presiden, Wakil Presiden (Wapres), dan Menteri...

35 0

redaksi.co.id – Pengamat: Struktur Gaji Pejabat Negara di RI Amburadul

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio berpendapat ketimpangan atau kesenjangan gaji Presiden, Wakil Presiden (Wapres), dan Menteri dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) menandakan carut marutnya struktur penggajian pejabat di Indonesia.

“Memang struktur gaji pejabat kita tidak jelas, masa gaji Menteri lebih rendah dari Eselon I meskipun Menteri mendapat Dana Operasional Menteri (DOM). Tapi kan DOM tidak boleh untuk keperluan pribadi,” kata Agus saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Untuk diketahui, pemilik gaji terbesar di Indonesia saat ini adalah Gubernur BI. Sejak ditetapkan oleh DPR RI tahun anggaran 2015, gaji gubernur BI sebesar Rp 194,19 juta per bulan.

Agus menyarankan kepada Kementerian Keuangan agar menetapkan standar atau memperbaiki struktur gaji pejabat negara agar tidak menimbulkan konflik ke depan.

“Gaji PNS Kementerian Keuangan saja paling tinggi dibanding Kementerian lain. Jadi sebaiknya tetapkan standar supaya tidak menciptakan konflik,” ucapnya.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!