3 Cara Agar Tak Kekurangan Uang Seumur Hidup

redaksi.co.id - 3 Cara Agar Tak Kekurangan Uang Seumur Hidup Selama bekerja, para pegawai biasanya tidak perlu khawatir memikirkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Tentu saja karena...

37 0

redaksi.co.id – 3 Cara Agar Tak Kekurangan Uang Seumur Hidup

Selama bekerja, para pegawai biasanya tidak perlu khawatir memikirkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Tentu saja karena setiap bulan, para pegawai mengantongi pendapatan tetap.

Mengutip laman Wall Street Journal, Sabtu (14/11/2015), para pegawai justru harus sejak dini mengkhawatirkan kecukupan dana hidup di masa tua. Terlebih lagi setelah pensiun banyak orang yang tak lagi mendapat pendapatan per bulan karena dibayarkan secara paket oleh perusahaan.

Hati-hati, uang Anda tak cukup untuk menopang kebutuhan seumur hidup. Berikut tiga cara agar Anda bisa memiliki cukup uang seumur hidup:

1. Pangkas pengeluaran

Pengeluaran saat masih bekerja dan usai pensiun tentu berbeda. Hati-hati, ada beberapa pengeluaran yang seharusnya dipangkas agar tidak membuat Anda kewalahan di hari tua.

Pastikan Anda tidak boros dan dapat mengendalikan pengeluaran. Jika tidak, dana pensiun yang dimiliki tak akan cukup mememuhi berbagai kebutuhan hidup selama sisa hidup tanpa kerja.

2. Menabung jangka panjang

Banyak orang yang hidup lebih panjang dari usia yang diprediksinya. Itulah mengapa Anda perlu menyimpan dana lebih dari kisaran usia pada umumnya baik wanita maupun pria.

Sebagian pensiun kadang tidak memiliki cukup uang untuk bertahan karena ternyata usianya lebih panjang dari prediksi. Jadi pastikan Anda memiliki uang lebih untuk bertahan hidup di masa tua.

3. Jangan habiskan uang untuk anak cucu

Saat pensiun nanti, jaga aset yang tersisa baik-baik. Memang banyak orangtua yang ingin memberikan uang pada anak atau cucunya.

Tapi saat Anda baru memasuki usia pensiun, sebaiknya jangan terlalu baik dalam waktu terlalu cepat. Biarkan anak dan cucu Anda berusaha sendiri memenuhi kebutuhannya. (Yas/Ndw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!