Ingin Karir Cemerlang? Hindari 6 Sikap Egois Ini

redaksi.co.id - Ingin Karir Cemerlang? Hindari 6 Sikap Egois Ini Manusia adalah mahluk sosial. Dalam banyak hal kita tidak bisa melakukan sesuatu seorang diri, terlebih-lebih dalam...

32 0

redaksi.co.id – Ingin Karir Cemerlang? Hindari 6 Sikap Egois Ini

Manusia adalah mahluk sosial. Dalam banyak hal kita tidak bisa melakukan sesuatu seorang diri, terlebih-lebih dalam aspek pekerjaan. Banyak pekerjaan yang membutuhkan kekompakan tim untuk meraih kesuksesan.

Namun adakalanya salah satu anggota tim merasa lebih baik, dan mulai merendahkan anggota tim lainnya. Sikap tidak produktif tersebut merupakan salah satu ciri prilaku egois, yang justru akan membuat orang tersebut sulit untuk berkembang.

Supaya karir kita makin cemerlang, alangkah baiknya kita mengenal ciri-ciri perilaku egois. Berikut ini adalah ciri prilaku egois dan cara mengatasinya, dikutip dari dari lifehack, Senin (16/11/2015):

1.Sering mengeluh

Orang yang egois sering terlihat mengeluh saat mengalami masalah, dimana hal tersebut membuat mereka terpaksa menularkan energi untuk bertindak. Alih-alih membatu tim supaya lebih baik, mereka malah cenderung menyalahkan orang lain.

2. Sering berdebat

Karena mereka cenderung menyalahkan orang lain, orang egois seringkali bersitegang dengan rekan kerjanya. Hal tersebut berpotensi memicu konflik, yang mana akhirnya malah menghambat kemajuan bagi semua pihak yang terlibat.

3. Perilaku defensif

Meskipun sering menyalahkan orang lain, entah mengapa orang egois selalu punya alasan jika pekerjaan mereka tidak selesai sesuai semestinya. Mereka jarang mendengarkan kritik yang membangun. Sikap inilah yang membuat mereka sulit untuk berkembang.

4. Takut penilaian orang lain

Mereka takut mengambil risiko, atau keluar dari zona nyaman karena mereka takut ditertawakan. Perilaku tersebut terjadi karena mereka menyangka orang orang akan memperhatikan sikap mereka, dan merasa akan dihakimi.

5. Tidak meminta maaf

Mereka tidak pernah merasa melakukan kesalahan. Hal itu disebabkan karena mereka sering menyalahkan orang lain, sehingga melakukan pembenaran atas ketidakmampuan mereka sendiri. Ketika teraniaya, mereka akan menyimpan dendam sampai pihak lain meminta maaf. Namun ketika mereka salah, orang lain harus memakluminya.

6. Tidak sabar

Orang Egois akan tidak sabar dan merasa kesal jika orang lain bekerja sedikit lebih lama saat menyelesaikan tugas. Hal itu dikarenakan mereka merasa lebih cerdas, dan efisien dibanding orang tersebut. Mereka tidak mempedulikan kemampuan orang tersebut. Alih-alih membantu, hanya keluhanlah yang keluar dari mulut mereka.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!