Robot Bakal Curi 80 Juta Pekerjaan di Negara Ini

176

redaksi.co.id – Robot Bakal Curi 80 Juta Pekerjaan di Negara Ini

Bank Sentral Inggris atau Bank of England (BoE) merilis sejumlah ramalan menakutkan mengenai stabilitas pekerjaan di masa depan.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (14/11/2015), BoE memprediksi 80 juta pekerjaan di Amerika Serikat bakal diambil alih oleh robot dalam beberapa dekade mendatang.

Jika melihat data tenaga kerja AS yang mencapai 142,6 juta orang pada Oktober 2015, itu berarti lebih dari setengah dari total pekerjaan berisiko dicuri robot.

Namun, hal ini tak hanya dialami AS. Dalam pidatonya di Trades Union Congress, London, Kepala Ekonom BoE, Andy Haldane mengatakan, hingga 15 juta pekerjaan di Inggris yang berisiko hilang karena diganti robot, yang hampir setengah dari penduduk yang bekerja saat ini.

Pekerjaan dengan tingkat tertinggi yang diambil alih mesin di Inggris misalnya administrasi dan produksi. Haldane memberi dua contoh, dengan akuntan memiliki probabilitas 95 persen dari kehilangan pekerjaan mereka karena mesin, sedangkan penata rambut memiliki risiko yang lebih rendah, pada 33 persen.

Robot dipilih sebagai pengganti manusia karena lebih hemat biaya daripada mempekerjakan manusia di tempat kerja dalam jangka panjang. Pekerjaan dengan upah terendah berisiko sangat tinggi untuk digantikan robot.

Haldane adalah bukan satu-satunya berbicara menentang ancaman ini. Ekonom pemenang Nobel Robert Shiller mengakui adanya sebuah peningkatan ketakutan terhadap teknologi dalam segala bentuk yang berbeda.

Teknologi memang mempermudah manusia dalam melakukan sejumlah aktivitas hidup, tapi di sisi lain ada teknologi juga telah menghilangkan sejumlah lapangan kerja yang digeluti manusia.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!