Kurangi Stres Kerja dengan Hobi Ini

237

redaksi.co.id – Kurangi Stres Kerja dengan Hobi Ini

Pernahkah Anda merasa jenuh dengan pekerjaan di kantor? Atau mungkin merasa terjebak dalam kegiatan yang itu-itu saja? Mungkin ini saatnya mencari satu kegiatan yang bisa memberikan warna berbeda dalam hidup Anda.

Memiliki hobi memang bisa menjadi pelarian yang menyenangkan. Bingung ingin menekuni hobi apa? Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda tekuni dan dapat mengurangi tingkat stress Anda dalam bekerja seperti yang dikutip dari laman TheRichest, Selasa (17/11/2015):

1. Berkebun

Bagi Anda penggemar sayur dan buah-buahan, akan menyenangkan pasti jika Anda bisa menikmati sayuran dan buah-buahan hasil kebun sendiri. Jika Anda bukan orang yang takut kotor, maka berkebun bisa menjadi pilihan hobi yang bisa ditekuni.

Memulai hobi yang satu ini pun cukup mudah, hanya perlu pergi ke toko peralatan berkebun yang ada di sekitar rumah Anda, beli beberapa peralatan dasar berkebun, dan bibit tanaman, tentunya. Anda pun sudah bisa memulai hobi ini.

Jika tidak memiliki lahan untuk berkebun, jangan khawatir. Anda bisa mencoba untuk menanam di dalam pot-pot plastik yang biasa digunakan untuk menanam bunga. Atau mungkin Anda tertarik untuk mencoba teknik menanam yang sedang terkenal belakangan ini, yaitu teknik hidroponik.

Cara-cara berkebun bisa Anda dapatkan di dunia maya atau bertanya dengan teman-teman Anda yang sudah terlebih dahulu menekuni hobi ini.

2. Fotografi

Tidak sedikit orang yang menjadikan fotografi sebagai cara mereka melepaskan stres. Cobalah tekuni hobi yang satu ini, Anda akan menemukan berbagai hal baru di dalamnya.

Walaupun menekuni hobi yang sama, kebanyakan para penggemar fotografi memiliki objek foto favorit yang berbeda. Anda mungkin jatuh cinta saat mengabadikan matahari terbenam, sementara teman Anda mungkin tenggelam dalam dunia makro fotografi. Anda juga bisa menambah berbagai macam ilmu saat menekuni hobi yang satu ini.

Fotografi bukanlah hobi yang murah untuk ditekuni, namun jika Anda ternyata berbakat dalam bidang ini tidak tertutup kemungkinan di masa depan Anda bisa menawarkan jasa fotografi komersil dan mendapatkan bayaran dari hobi yang satu ini.

3. Memasak

Bagi Anda yang gemar makan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba hobi yang satu ini. Siapa yang tidak senang jika ternyata dirinya bisa memasak makanan kegemarannya sendiri, bahkan bisa melakukan berbagai variasi yang tidak mungkin dilakukan jika Anda memesan menu tersebut di restoran.

Memulai hobi yang satu ini pun cukup mudah. Cukup memiliki sebuah kompor dan beberapa peralatan dasar memasak seperti pisau, penggorengan, panci, dan codet untuk memasak, maka Anda sudah bisa memulainya.

Urusan resep dan cara memasak, Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai sumber di internet, melalui video di YouTube, membeli buku-buku resep, atau bertanya pada orang yang memang sudah biasa memasak. Siapa tahu ternyata Anda memiliki bakat terpendam di bidang memasak.

4. Menulis

Menulis adalah kegiatan yang sering dilakukan sejak kecil. Dulu saat masih di bangku sekolah, Anda mungkin juga pernah diajari untuk mengisi buku harian, yang biasanya berisi tentang cerita yang Anda alami setiap hari. Tidak ada salahnya Anda kembali memulai kegiatan yang satu ini.

Tidak perlu takut bahwa Anda bukanlah seorang penulis yang baik, toh Anda juga belum tentu mengizinkan orang lain membaca buku harian Anda, kecuali Anda menulis menggunakan media blog online di internet. Tuangkan semua perasaan Anda di sana, semua kekesalan, kemarahan, kesedihan, maupun kebahagiaan yang Anda rasakan.

Menulis juga sudah lama dipercaya sebagai salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi tingkat stress seseorang. Jika Anda cukup percaya diri dengan tulisan Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengirimkan kisah Anda ke penerbit, mungkin mereka tertarik untuk menerbitkannya menjadi sebuah buku.

5. Mewarnai

Belum lama ini kegiatan mewarnai kembali ramai di kalangan orang dewasa. Belum lagi sejak bermunculan berbagai buku mewarnai yang memang secara khusus diperuntukkan bagi orang dewasa.

Banyak orang yang akhirnya memilih hobi yang satu ini untuk melepaskan stres. Teknik mewarnai memang sudah dipakai sejak awal abad ke-20 oleh para psikolog dunia sebagai salah satu cara relaksasi bagi para pasien yang memiliki tingkat stres tinggi.

Tertarik untuk menekuni hobi ini? Anda cukup pergi ke toko buku favorit Anda dan membeli satu set peralatan mewarnai serta buku mewarnai untuk orang dewasa. Anda juga bisa mendapatkan pattern mewarnai untuk orang dewasa melalui internet. Sekarang bahkan aplikasi mewarnai untuk orang dewasa sudah bisa diunduh melalui gadget Anda. Mudah bukan?

6. Berolahraga

Menekuni hobi yang satu ini tidak diragukan lagi pasti mampu menurunkan tingkat stress dalam diri Anda, mengingat olahraga diyakini sebagai kegiatan yang mampu melepaskan hormon endorfin dalam diri seseorang. Semakin banyak Anda melepaskan hormon tersebut maka Anda akan merasa semakin bahagia.

Banyak jenis kegiatan yang bisa Anda tekuni lewat hobi yang satu ini. Jika Anda gemar berlari Anda bisa menjadi seorang pelari, belakangan malah banyak bermunculan perkumpulan pelari. Mereka kerap melakukan olahraga ini secara berkelompok. Selain sehat Anda juga bisa mendapatkan teman baru.

Jika Anda tidak suka dengan kegiatan olahraga luar ruangan, Anda bisa bergabung dengan salah satu gym yang banyak tersebar di kota Anda. Gym juga biasanya menawarkan berbagai jenis kelas olahraga lainnya seperti yoga, body pump, Zumba, dan lain-lain. Kesehatan jiwa dan raga akan Anda dapatkan melalui hobi ini.

7. Merajut

Hobi yang satu ini memang kurang terkenal di Indonesia karena negara kita adalah negara tropis. Sementara hasil dari kegiatan merajut biasanya adalah produk-produk yang biasanya digunakan di negara empat musim. Tapi tidak ada salahnya mencoba untuk menekuni hobi yang satu ini.

Anda bisa memulai dengan membuat sesuatu yang mudah seperti syal atau topi. Mendalami hobi yang satu ini juga membutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi, sangat baik untuk Anda yang kurang bisa mengatur emosi Anda. Sementara itu teknik-teknik merajut bisa dengan mudah Anda pelajari melaui berbagai media seperti buku, blog, atau video di YouTube.

Percaya atau tidak hobi ini tidak hanya digemari oleh kaum hawa saja. Banyak juga pria yang menekuni hobi ini. Beberapa tokoh terkenal dunia seperti Ryan Gosling dan Russel Crowe pun mengaku bahwa mereka mendalami hobi merajut. (Vna/Gdn)

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!