JK: IMF Hancurkan Ekonomi Indonesia

redaksi.co.id - JK: IMF Hancurkan Ekonomi Indonesia Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyalahkan lembaga pembiayaan International Monetery Fund (IMF) membuat hancur perekonomian Indonesia. Hal ini dibuktikan...

10 0

redaksi.co.id – JK: IMF Hancurkan Ekonomi Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyalahkan lembaga pembiayaan International Monetery Fund (IMF) membuat hancur perekonomian Indonesia. Hal ini dibuktikan JK saat krisis 98, IMF meminta naikkan suku bunga untuk menurunkan inflasi.

“Saya katakan ke Lagarde (IMF) Kau lah yang menjebloskan ekonomi Indonesia menjadi begini. Kamu membuat kebijakan yang salah,” ujar JK di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

JK memaparkan saat krisis 98, inflasi naik 70 persen dan suku bunga acuan perbankan mencapai 60 persen. Hal itu pun membuat perekonomian di dalam negeri sulit bangkit.

“Kalau untuk memerangi inflasi dengan menaikkan suku bunga itu tidak benar,” jelas JK.

JK yakin jika suku bunga acuan dari Bank Indonesia diturunkan, hal itu bisa menurunkan biaya operasional di sektor riil. Dampak lainnya, JK menyebutkan tingkat inflasi pasti turun.

“Bunga harus turun. Karena bunga adalah bagian dari high cost. Cost turun inflasi pasti turun,” kata JK.

JK menambahkan selama negara masih jadi negara berkembang, Bank Indonesia harus pintar mengkalkulasi kapan BI rate dinaikan atau tidak. Karena roda perekonomian masih sangat bergantung kepada kredit perbankan.

“Karena itulah, makanya lebih baik semuanya berpikir yang sama, tidak ada negara yang begitu saja meningkatkan suku bunga,” papar JK.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!