Jerman vs Belanda: Laga Kebebasan!

redaksi.co.id - Jerman vs Belanda: Laga Kebebasan! Jerman akan melakoni laga persahabatan melawan Belanda di HDI-Arena, Hannover, Rabu (19/11/2015) dini hari WIB. Pelatih Jerman, Joachim Loew...

30 0

redaksi.co.id – Jerman vs Belanda: Laga Kebebasan!

Jerman akan melakoni laga persahabatan melawan Belanda di HDI-Arena, Hannover, Rabu (19/11/2015) dini hari WIB. Pelatih Jerman, Joachim Loew memberi tajuk pertandingan persahabatan ini sebagai laga untuk kebebasan.

Der Panzer mengalami malam mencekam saat melakoni pertandingan persahabatan melawan Prancis di Stadion Stade de France, Jumat (13/11/2015) dini hari WIB.

Ketika itu pada menit ke-13, terdengar suara sebuah bom meledak di luar stadion saat laga sedang berlangsung. Seusai pertandingan, Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) mengonfirmasi tiga orang tewas akibat bom bunuh diri yang terjadi di dekat pintu gerbang J Stade de France.

Seluruh suporter dan pemain kedua tim pun harus menunggu beberapa jam sebelum dievakuasi petugas keamanan. Hingga akhirnya diketahui telah terjadi serangan bom dan penembakan di enam titik kota Paris yang menelan lebih dari 100 orang tewas.

Akibat insiden ini, laga persahabatan Jerman melawan Belanda pun terancam batal, meski akhirnya tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal.

“Pertandingan ini murni sebagai simbol kebebasan dan demokrasi untuk persatuan, simpati dan berkabung untuk teman kami di Prancis. Pikiran kami akan bersama keluarga mereka dan teman dari para korban. Kami akan berkabung untuk mereka,” kata Loew saat menghadiri jumpa pers jelang laga.

Kendati pertemuan Jerman melawan Belanda selalu menghadirkan rivalitas panas, Loew menegaskan akan mengesampingkan hal itu pada laga ini.

Pelatih yang sukses membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil ini lebih memilih menyebut pertandingan ini sebagai bentuk solidaritas antar sesama umat manusia.

“Rivalitas dengan Belanda akan kami kesampingkan. Pertandingan ini akan berlangsung untuk nilai yang berbeda,” ujar Loew.

Pada pertandingan nanti, Loew dipastikan akan merotasi beberapa pemain utamanya melawan Der Oranje. Nama-nama seperti Bastian Schweinsteiger, Lukas Podolski dan Manuel Neuer akan duduk dibangku cadangan.

Sedangkan Jerome Boateng dan Jonas Hector diragukan tampil karena mengalami cedera ringan.

“Tentu saja fokus hari ini tidak akan begitu banyak untuk pertandingan besok. Hari ini kami akan berbicara tentang lain hal seperti mengapa kami memutuskan untuk bertanding. Itu adalah simbol untuk pertandingan ini,” tutur Loew.

Tak jauh berbeda dengan Loew, pelatih tim nasional Belanda, Danny Blind juga setuju menyebut laga persahabatan ini sebagai bentuk solidaritas atas insiden berdarah di Paris.

“Saya mungkin bukan yang pertama mengatakan, tapi saya rasa kami bisa membuat sebuah gestur saat bertanding di lapangan. Pertama, gestur bagi para korban meninggal dan selamat. Untuk masyarakat Prancis. Lalu sebagai sinyal dalam konteks kebebasan, demokrasi dan solidaritas. Olahraga adalah alat pemersatu dan kita harus menggunakan itu,” ujar Blind.

Pada laga nanti, Belanda kemungkinan tidak akan diperkuat Arjen Robben karena perjanjian dengan Bayern Munchen yang hanya mengizinkan untuk bermain dalam satu pertandingan. Selain itu Eljero Elia, Riechedly Bazoer and Virgil van Dijk kemungkinan absen karena cedera ringan.

Prakiraan susunan pemain:

Jerman: Kevin Trapp; Ginter, Mats Hummels, Shokdran Mustafi, Emre Can; Ilkay Gundogan, Cristioph Kramer; Julian Draxler, Max Kruse, Thomas Muller; Kevin Volland

Belanda: Jasper Cillessen, Daryl Janmaat, Erik Pieters, Joel Veltman, Daley Blind, Jeffrey Bruma, Jordan Clasie, Wesley Sneijder, Georginio Wijnaldum, Quincy Promes, Klass Jan Huntelaar

Head to head:

15/11/2012 – Belanda 0-0 Jerman (Persahabatan)

14/06/2012 – Belanda 1-2 Jerman (Piala Eropa)

16/11/2011 – Jerman 3-0 Belanda (Persahabatan)

17/08/2005 – Belanda 2-2 Jerman (Persahabatan)

16/06/2004 – Jerman 1-1 Belanda (Piala Eropa)

Lima pertandingan terakhir Jerman:

14/11/2015 – Prancis 2-0 Jerman (persahabatan)

12/10/2015 – Jerman 2-1 Georgia (Kualifikasi Piala Eropa)

09/10/2015 – Republik Irlandia 1-0 Jerman (Kualifikasi Piala Eropa)

08/09/2015 – Skotlandia 2-3 Jerman (Kualifikasi Piala Eropa)

05/09/2015 – Jerman 3-1 Polandia (Kualifikasi Piala Eropa)

Lima pertandingan terakhir Belanda:

14/11/2015 – Wales 2-3 Belanda (Persahabatan)

14/10/2015 – Belanda 2-3 Ceska (Kualifikasi Piala Eropa)

10/10/2015 – Kazakhstan 1-2 Belanda (Kualifikasi Piala Eropa)

06/09/2015 – Turki 3-0 Belanda (Kualifikasi Piala Eropa)

04/09/2015 Belanda 1-0 Islandia (Kualifikasi Piala Eropa)

Prediksi Bola.com: Jerman 55-45 Belanda

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!