Jusuf Kalla Mengakui Pemerintah Liberal Atur Devisa

redaksi.co.id - Jusuf Kalla Mengakui Pemerintah Liberal Atur Devisa JAKARTA - Pemerintah dalam mengatur devisa negara masih memakai sistem liberal. Hal itu diakui Wakil Presiden Jusuf...

10 0

redaksi.co.id – Jusuf Kalla Mengakui Pemerintah Liberal Atur Devisa

JAKARTA – Pemerintah dalam mengatur devisa negara masih memakai sistem liberal. Hal itu diakui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam acara Economic Briefing.

Dalam pemaparannya JK menyebutkan cadangan devisa 111,9 miliar dollar AS. Angka tersebut masih sangat kecil dibandingkan negara tetangga akibat salah pengelolaan.

“Masa kita kalah dari Malaysia, Thailand devisanya. Ternyata kita terlalu liberal mengatur devisa,” ujar JK di hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Selasa (17/11/2015).

Menurut JK kesalahan utama pengusaha dan pemerintah dalam negeri terlalu banyak bergantung kepada ekspor komoditas batubara dan sawit. Saat harganya anjlok seperti sekarang ini, JK mengakui perekonomian Indonesia juga mengalami perlambatan drastis.

“Ini kesalahan fatal, karena kita mengartikan ekspor dengan pengapalan bukan masuknya duit,” ungkap JK.

JK memaparkan hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki penerimaan devisa dengan mendorong hilirisasi industri. Dengan begitu saat produk komoditas tidak laku di pasar internasional, hasilnya masih bisa digunakan untuk dalam negeri.

“Waktunya untuk memperbaiki sistem supaya maju dengan baik tidak mewariskan kesulitan hanya karena seperti itu,” papar JK.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!