Habib Rizieq Akan Dihadirkan dalam Sidang PK Baasyir

269

redaksi.co.id – Habib Rizieq Akan Dihadirkan dalam Sidang PK Baasyir

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab akan dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Abu Bakar Baasyir.

Pengacara Baasyir, Ahmad Michdan, mengatakan pihaknya akan mendatangkan beberapa orang dalam persidangan PK tersebut.

“Habib Rizieq dan Dokter Jose memang kita sudah minta untuk hadir sebagai saksi yang kita anggap sebagai novum,” kata Achmad Michdan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015).

Dokter Jose yang dimaksud Michdan tiada lain Joserizal Jurnalis, pendiri lembaga kemanusiaan MER-C.

Kehadiran Habib Rizieq dan Joserizal, dijelaskan pengacara Baasyir, untuk membuktikan dana yang dikumpulkan kliennya sebenarnya untuk bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Selain dua orang tersebut, pada persidangan PK ini, juga ada tiga orang penghuni Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah yang rencananya ikut menjadi saksi.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menvonis Abu Bakar Baasyir hukuman 15 tahun penjara. Atas putusan tersebut, Baasyir telah mengajukan banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Dalam putusan banding pimpinan Pesantren Al Mukmin Nguruki, Jawa Tengah, Baasyir diputus dengan hukuman sembilan tahun penjara.

Pada putusan kasasi di Mahkamah Agung, Oktober 2011, hasil banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dibatalkan sehingga masa hukuman Baasyir kembali menjadi 15 tahun.

Menanggapi hasil kasasi tersebut, Baasyir mengajukan permohonan peninjauan kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Baasyir dipidana atas pengumpulan dana sebesar Rp 350 juta untuk pelatihan kelompok militan di Bukit Jantho, Aceh Besar.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!