Lindungi Taj Mahal, Mahkamah India Minta Krematorium Dipindah

redaksi.co.id - Lindungi Taj Mahal, Mahkamah India Minta Krematorium Dipindah Mahkamah Agung India memerintahkan pemindahan krematorium di dekat Taj Mahal. Perintah ini dikeluarkan untuk melindungi monumen...

41 0

redaksi.co.id – Lindungi Taj Mahal, Mahkamah India Minta Krematorium Dipindah

Mahkamah Agung India memerintahkan pemindahan krematorium di dekat Taj Mahal. Perintah ini dikeluarkan untuk melindungi monumen terkenal tersebut dari polusi.

BBC News melaporkan, Selasa (17/11), pengadilan bertindak setelah hakim memperingatkan asap krematorium bisa merusak bangunan marmer dari abad ke 17 tersebut. Selama ini masyarakat Hindu India menggunakan kayu untuk kremasi.

Pengadilan menyarankan otoritas negara bagian Uttar Pradesh memindahkan krematorium atau menggantinya dengan pembakaran menggunakan listrik. Advokat umum pemerintah negara bagian telah menyetujui hal itu.

“Ini adalah saran yang sangat baik dan saya setuju dengan saran hakim,” kata Vijay Singh Bahadur. Ia meminta waktu dua pekan untuk mewujudkan perintah tersebut.

Namun, staf krematorium membantah tuduhan pencemaran. Manajer krematorium Sinjay Singh mengatakan kepada Times of India asap yang dikeluarkan krematorium ramah lingkungan.

“Minyak samin, kamper, pasta cendana dan kotoran sapi yang digunakan dalam upacara justru membantu memperkaya lingkungan,” ujarnya.

Taj Mahal merupakan salah satu situs Warisan Dunia Unesco. Bangunan yang selesai dibangun pada 1653 itu menarik jutaan wisatawan seiap tahunnya.

Tapi monumen yang dihiasi kubah marmer putih serta dihiasi batu semi mulia dan ukiran itu harus bersaing dengan polusi kota industri Agra dan kilang minyak. Selama bertahun-tahun marmer putih berkilau Taj Mahal secara bertahap berubah menguning.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!