Harga Emas Sentuh Level Terendah Sejak 2010

redaksi.co.id - Harga Emas Sentuh Level Terendah Sejak 2010 Harga emas melemah di perdagangan Asia pada Rabu pekan ini. Hal itu seiring dolar Amerika Serikat (AS)...

15 0

redaksi.co.id – Harga Emas Sentuh Level Terendah Sejak 2010

Harga emas melemah di perdagangan Asia pada Rabu pekan ini. Hal itu seiring dolar Amerika Serikat (AS) menguat dan investor bersiap untuk menghadapi kenaikan suku bunga bank sentral AS.

Di pasar spot, harga emas turun 0,20 persen ke level US$ 1.068,6 per ounce pada Rabu siang ini. Sebelumnya harga emas sempat sentuh level US$ 1.064,95 terendah sejak Februari 2010. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Desember turun 0,12 persen ke level US$ 1.067,3.

Ada sejumlah faktor mempengaruhi harga emas. Harga konsumen Amerika Serikat (AS) meningkat sekitar 0,2 persen pada Oktober. Selain itu, dolar AS mendekati level tertinggi dalam tujuh bulan terhadap sejumlah mata uang termasuk Euro. Mata uang euro merosot seiring harapan bank sentral Eropa akan melakukan pelonggaran moneter pada Desember.

“Faktor utama mempengaruhi harga emas yaitu dolar AS dan harapan bank sentral AS menaikkan suku bunga pada Desember,” ujar Victor Thianpiriya, Analis ANZ seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (18/11/2015).

Mengutip www.fortisasiafutures.com, harga emas telah bergerak turun tajam pada akhir perdagangan kemarin ke posisi terendah dalam lima tahun. Hal itu dipicu investor terus khawatir atas situasi geopolitik yang berasal dari serangan teroris pada pekan lalu di Paris, Prancis sehingga meredam nilai logam mulia sebagai aset lindung lindung nilai.

“Harga emas terpantau akan cenderung bergerak turun dan harga juga masih bergulir di bawah rata-rata pergerakan dalam 20 dan 50 harian. Stochastic masih berada di area oversold. Resistance dan oversold berada di harga US$ 1.078,20-US$ 1.064,30,” tulis riset tersebut.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!