KPU Dianggap Abai Terhadap Pilkada di Papua

redaksi.co.id - KPU Dianggap Abai Terhadap Pilkada di Papua Direktur Papua Resource Centre, Amirudin Al Rahab, menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah abai terhadap pilkada serentak...

23 0

redaksi.co.id – KPU Dianggap Abai Terhadap Pilkada di Papua

Direktur Papua Resource Centre, Amirudin Al Rahab, menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah abai terhadap pilkada serentak di Papua.

Hal tersebut terlihat dari masih adanya sistem Noken yang diterapkan di beberapa wilayah provinsi Papua dan Papua Barat.

“Kalau noken masih dipakai, ada dosa pemilu. KPU sudah diberi waktu panjang, untuk memperbaiki tapi saya tidak yakin masalah selesai. KPU ini selalu abai masalah di Papua,” ujarnya di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Selain sistem Noken yang masih dipakai, Amir menambahkan, bentuk ketidakjelasan KPU juga terlihat dari banyaknya surat suara yang bahkan belum dicetak di wilayah-wilayah tersebut. Sedangkan waktu untuk Pilkada Serentak hanya H-21.

Terlebih, KPU juga harus mendistribusikan logistik tersebut ke tempat-tempat yang tidak mudah dijangkau oleh transportasi darat serta cuaca yang belum tentu mendukung.

“Yahukimo misalnya, hampir 50 distriknya pakai Noken dan distribusi logistik tidak bisa dilewati pakai darat? Apa antisipasinya?” lanjutnya.

Belum lagi, sambung Amir, masih ada potensi kerawanan keamanan yang akan terjadi setelah pilkada selesai karena minimnya pihak kepolisian dan TNI yang berada di wilayah Papua.

Berdasar pengalaman sepanjang pemilu di Papua, hal tersebut dirasa penting baginya menyoroti bahwa Pilkada di Papua harus segera dibenahi oleh para pemegang kekuasaan.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!