5 Deklarasi Utama KTT APEC 2015

293

redaksi.co.id – 5 Deklarasi Utama KTT APEC 2015

Dihadiri perwakilan dari 21 negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) serta Presiden Amerika Serikat Barack Obama, para pimpinan global tersebut menerbitkan lima deklarasi utama sebagai hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi APEC 2015 di Manila, Filipina.

Fokus agenda pertemuan yang digelar selama dua hari pada 18-19 November 2015 itu sebenarnya berkisar pada perdagangan, bisnis, dan ekonomi.Namun melansir Associated Press, Jumat (20/11/2015), isu-isu terorisme juga mewarnai pertemuan APEC tahun ini. Para pimpinan negara berjanji untuk bersatu memerangi berbagai akar penyebab terjadinya serangan teroris.

Isu mengenai terorisme menjadi hangat diperbincangkan di sela pertemuan APEC setelah beberapa waktu sebelumnya Paris dirudung serangan teroris. Selengkapnya, berikut lima deklarasi utama yang digaungkan para pimpinan negara pada KTT APEC 2015:

1. Memerangi terorisme

2. Peningkatan solidaritas

3. Memerangi kemiskinan

“Kami menyadari bahwa meskipun pertumbuhan ekonomi belum belum tercapai hingga membuat jutaan orang keluar dari kemiskinan, jutaan orang telah benar-benar merasakan dampaknya. Kami menyerukan upaya yang lebih intensif untuk pengurangan dan pengentasan kemiskinan. Kami juga mengakui bahwa ketidaksetaraan telah menjadi rem pertumbuhan ekonomi dan persempitan kesenjangan itu sangat penting guna memacu pembangunan dan kemakmuran di Asia Pasifik.”

4. Ekonomi dunia

5. Perubahan Iklim

“Kami berkomitmen kuat untuk mencapai kesepakatan jangka panjang yang dinamis, ambisius, seimbang dan adil atas perubahan iklim di Paris Climate Conference pada Desember mendatang. Kami juga berupaya mengurangi peningkatan penggunaan energi berlebihan hingga 45 persen pada 2035, dan menggandakan energi terbarukan pada 2030 guna mencapai perkembangan energi berkesinambungan di kawasan Asia Pasifik.”

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!