Prabu Suryodilogo akan deklarasi gantikan Paku Alam IX

redaksi.co.id - Prabu Suryodilogo akan deklarasi gantikan Paku Alam IX Putra Mahkota Pura Pakualaman, Prabu Suryodilogo, mendeklarasikan diri sebagai Paku Alam X di hadapan jenazah Paku...

33 0

redaksi.co.id – Prabu Suryodilogo akan deklarasi gantikan Paku Alam IX

Putra Mahkota Pura Pakualaman, Prabu Suryodilogo, mendeklarasikan diri sebagai Paku Alam X di hadapan jenazah Paku Alam IX dan kerabat, Minggu (22/11).

Deklarasi itu akan dilakukan sebelum jenazah dibawa ke makam Girigondo, Kulonprogo.

Menurut kerabat Pura Pakualaman, KPH Kusumo Parasto, deklarasi tersebut hanya pengucapan penyataan kesiapan dari Prabu Suryodilogo, yang sejak 2012 diangkat sebagai Putra Mahkota.”Prabu Suryodilogo itu putra mahkota, sejak tahun 2012 lalu sudah diangkat. Nanti akan menyatakan diri untuk menjadi pengganti Paku Alam IX,” kata Kusumo pada wartawan, Minggu (22/11).Meski akan melakukan deklarasi, tetapi hal itu bukan langsung menggantikan Paku Alam IX.

Sebelum diangkat menjadi Paku Alam IX, Prabu Suryodilogo akan terlebih dahulu melalui proses Jumenengan.”Belum langsung menggantikan. Nanti setelah Jumenengan baru resmi menjadi Paku Alam X,” tambah Kusumo.Sementara itu, kerabat RM Donny Mega Suara menambahkan, proses Jumenengan akan menunggu setelah masa berkabung selesai.

Meski ada kelompok kerabat menolak pengangkatan Putra Mahkota, tetapi hal itu tidak akan berpengaruh.”Boleh ada orang yang berpendapat dan mengklaim sebagai Paku Alam X. Tapi biar nanti rakyat yang menentukan. Dari internal sendiri sudah menetapkan putra mahkota Prabu Suryodilogo,” kata Donny.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!