5 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar

redaksi.co.id - 5 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar Ketidakpastian ekonomi dan geopolitik dunia telah memicu bank sentral negara-negara di dunia menambah cadangan emasnya. Menurut data World...

14 0

redaksi.co.id – 5 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar

Ketidakpastian ekonomi dan geopolitik dunia telah memicu bank sentral negara-negara di dunia menambah cadangan emasnya.

Menurut data World Gold Council, pembelian emas oleh bank sentral terus meningkat hingga 175 ton emas pada kuartal III 2015.

Meskipun turun sebanyak 3 persen dibanding kuartal III 2014 berada pada rekor tertinggi, yaitu sebanyak 179,5 ton.Sehingga bisa dikatakan, kuartal III 2015 ini hampir mendekati rekor tahun lalu.

Sepanjang sembilan bulan pertama pada tahun ini, pembelian emas oleh bank sentral sebanyak 425,8 ton.

Rusia merupakan pembeli paling banyak pada tahun ini. Di sisi lain, China yang selama ini sedikit tertutup terkait kepemilikian cadangan emasnya kini mulai merilis data kepemilikan si kuning secara teratur.

Berikut ini adalah lima negara, dengan cadangan devisa berupa emas terbanyak di dunia dilansir dari Businessinsider, Minggu (22/11/2015):

5. China

Kepemilikan emas resmi: 1.708,5 ton

Menurut laporan World Gold Council, kepemilikian emas oleh Peoples Bank of China atau bank sentral China bertambah 50,1 ton. Meskipun memiliki cadangan emas sebanyak 1.708,5 ton, devisa berupa emas hanya 2 persen dari total seluruh cadangan devisa yang bank sentral tersebut miliki.

4. Prancis

Kepemilikan emas resmi: 2.435,5 ton

Persentase cadangan devisa dalam bentuk emas: 62,1 persen

Menurut data forbes, pemimpin sayap kanan Prancis Marine Le Pen mengatakan ia ingin emas Prancis kembali ke Prancis, dan menyarankan bank sentral membeli cadangan emas lebih banyak pada November 2014.

3. Italia

Kepemilikan emas resmi: 2.451 ton

Persentase cadangan devisa dalam bentuk emas: 65 persenPada 2013, pimpinan bank sentral Italia berpendapat cadangan emas adalah kunci dari kemerdekaan.

“Bersejarah … dan alasan psikologis, berdiri mendukung pentingnya emas sebagai komponen cadangan bank sentral,” tegas Salvatore Rossi Senior Deputy Governor Bank of Italy.

“Emas mendasari kemerdekaan bank sentral dalam kemampuan mereka untuk menjaga stabilitas keuangan domestik,” tambah dia.

2. Jerman

Kepemilikan emas resmi: 3.381 ton

Persentase cadangan devisa dalam bentuk emas: 67,1 persen

Menurut laporan Reuters, Bundesbank Jerman mengumumkan rencana untuk memulangkan cadangan emasnya yang disimpan di AS, dan bank sentral Prancis pada 2013.

1. Amerika Serikat

Kepemilikan emas resmi: 8.133,5 ton

Persentase cadangan devisa dalam bentuk emas: 72,7 persen

Pada 1952, Amerika Serikat memiliki cadangan emas sebanyak 20.663 ton. Namun pada 1968, cadangan emasnya turun di bawah 10.000 ton untuk pertama kalinya.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!