Tanjung Emas Ditutup, Perekonomian Rugi Rp 1 Miliar per Hari

redaksi.co.id - Tanjung Emas Ditutup, Perekonomian Rugi Rp 1 Miliar per Hari Total kerugian akibat penghentian kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas mencapai Rp 300...

17 0

redaksi.co.id – Tanjung Emas Ditutup, Perekonomian Rugi Rp 1 Miliar per Hari

Total kerugian akibat penghentian kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas mencapai Rp 300 juta per hari, efeknya akan jauh lebih besar jika kondisinya seperti ini dalam waktu lama.

Tribun Jateng/Muh Radlis Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang terhenti sejak beberapa waktu lalu. Tak ada aktivitas bongkar muat, Jumat (20/11/2015).

“Sedangkan multiplier effect terhadap kerugian ekonomi bisa mencapai hingga Rp 1 miliar,” ungkap Edi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (22/11/2015).

Pelindo III berharap Kementerian Perhubungan mengambil langkah tegas, karena penghentian bongkar muat barang oleh KSOP Tanjung Emas merugikan banyak pihak.

Usaha pemerintah untuk menekan biaya logistik pun terganggu, padahal sementara ini pelabuhan menjadi tulang punggung program tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Ketidakjelasan ketentuan dan perilaku oknum birokrasi pemerintahan di kepelabuhanan menjadi salah satu penyebab tidak adanya investasi swasta di bidang pelabuhan.

Maka sejak tahun 2008 ketika Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 diterbitkanhingga saat ini, hanya ada BUMN, termasuk Pelindo yang melakukan pembangunan pelabuhan umum.

“Tindakan KSOP yang turut mengambil peran sebagai operator jadi menyimpang dari semangat Undang-Undang Pelayaran yang telah membagi peran para pemangku kepentingan di kepelabuhan, unsur pemerintah sebagai pengawas dan BUP sebagai pengelola usaha,” ungkap Edi.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!