Amerika Beri Imbalan Rp 68,4 Miliar untuk Info Keberadaan Pimpinan ISIS

redaksi.co.id - Amerika Beri Imbalan Rp 68,4 Miliar untuk Info Keberadaan Pimpinan ISIS Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rabu (18/11/2015) mengumumkan imbalan hadiah sebesar USD...

14 0

redaksi.co.id – Amerika Beri Imbalan Rp 68,4 Miliar untuk Info Keberadaan Pimpinan ISIS

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rabu (18/11/2015) mengumumkan imbalan hadiah sebesar USD lima juta bagi mereka yang memberikan informasi keberadaan pimpinan ISIS, Abu Muhammad al-Shimali.

Bila dirupiahkan dengan kurs saat ini, Kamis (19/11/2015) 1 USD setara dengan Rp 13.698 maka 5 juta USD setara dengan Rp 68,4 miliar.

Sebuah angka yang fantastis.

Oleh Departemen Luar Negeri AS, Abu Muhammad al-Shimali disebut bertanggung jawab atas perekrutan pejuang asing.

Shimali merupakan anggota senior kelima dari kelompok militan IS termasuk pemimpin kelompok ini Abu Bakr al-Baghdadi.

Abu Bakr al-Baghdadi juga masuk dalam daftar perburuan AS dengan imbalan hadiah yang totalnya sekarang mencapai sekitar 32 juta dolar.

Dikutip langsung dari laman Departemen Luar Negeri AS, Abu-Muhammad al-Shimali disebut sebagai tokoh senior negara Islam Irak dan Levant (ISIL).

Abu-Muhammad al-Shimali, telah dikaitkan dengan ISIL, sebelumnya dikenal sebagai al-Qaeda di Irak, sejak tahun 2005.

Dia sekarang berperan sebagai pemimpin kunci dalam Imigrasi dan logistik Komite ISIL, dan bertanggung jawab untuk memfasilitasi perjalanan pejuang teroris asing.

Terutama melalui Gaziantep, Turki, dan seterusnya untuk masuk kota perbatasan yang dikendalikan ISIL di Jarabulus, Rep Arab Suriah.

Lebih dari 25.000 pejuang teroris asing dari lebih dari 100 negara masuk ke Irak dan Suriah.

Medan perang di Irak dan Suriah menyediakan pejuang teroris asing dengan pengalaman tempur, senjata dan bahan peledak pelatihan, dan akses ke jaringan teroris yang masih merencanakan serangan ke Barat.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!