Freeport Tak Diberi Batas Waktu Bagi-bagi Saham

redaksi.co.id - Freeport Tak Diberi Batas Waktu Bagi-bagi Saham JAKARTA - Aturan divestasi saham PT Freeport Indonesia tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) no.77 tahun 2014 yang...

7 0

redaksi.co.id – Freeport Tak Diberi Batas Waktu Bagi-bagi Saham

JAKARTA – Aturan divestasi saham PT Freeport Indonesia tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) no.77 tahun 2014 yang masih dalam tahap revisi.

Dalam aturan tersebut tidak dicantumkan batas waktu Freeport membagi sahamnya untuk pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, memaparkan selama tidak diberi batas waktu, Freeport bisa menunda divestasi saham.

Namun pemerintah tetap akan terus mengingatkan perusahaan Amerika Serikat untuk menawarkan sahamnya.

“Nggak ada batas akhirnya. Di PP 77 kan nggak ada batas waktunya,” ujar Bambang di komplek DPR/MPR, Jakarta, Senin (23/11/2015)

Bambang memaparkan pihak Freeport pun sudah bertemu dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal tersebut menyusul teguran yang dilayangkan pemerintah karena melewati batas waktunya pada 14 Oktober yang lalu.

“Baru sekali kasih teguran. Dia (Freeport) sudah bertemu saya, mau segera menyerahkan kok,” kata Bambang.

Freeport pun mengusulkan beberapa mekanisme divestasi dan salah satunya IPO. Menurut Gatot hal tersebut tidak mempunyai landasan hukum dan tidak tercantum dalam PP no.77 tahun 2014.

“Saya nggak tahu maksud mekanisme menurut mereka. Pokoknya pegangan saya PP 77. Itu aja,” jelas Bambang.

Sebelumnya diketahui pada 14 Oktober lalu Freeport seharusnya menawarkan sahamnya sebesar 10,36 persen sesuai yang diamanatkan dalam Kontrak Karya. Namun Freeport hingga saat ini belum juga melakukan divestasi.

Kementerian ESDM pun hanya bisa memberikan teguran kepada PT Freeport. Jika divestasi bisa dilakukan, maka pemerintah RI mendapat saham 20 persen dari Freeport.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!