Penghasilan Tidak Tetap? Siasati Keuangan dengan 5 Cara Ini

575

redaksi.co.id – Penghasilan Tidak Tetap? Siasati Keuangan dengan 5 Cara Ini

Memiliki penghasilan tidak tetap setiap bulannya menjadi tantangan tersendiri. Bagi sebagian orang, bekerja lepas memang menjadi sebuah pilihan yang menyenangkan. Misal kontraktor, fotografer, web developer, graphic designer, content writer, interpreter, atau penerjemah lepas.

Jika tidak pandai-pandai membuat rencana keuangan dan menahan keinginan, bisa-bisa mimpi atau rencana masa depan tertunda, atau bahkan tidak terwujud.

Baca Juga

Apapun profesi Anda, yang terpenting Anda tetap mengetahui jumlah pengeluaran setiap bulan dan menabung ketika memiliki penghasilan lebih. Tetapi, bagaimana cara mengatur keuangan dengan pendapatan yang tidak selalu sama? Tidak sulit kok, yuk simak 5 cara di bawah ini.

1. Buatlah Daftar Pendapatan Bulanan

Mulailah dengan membuat daftar pendapatan Anda untuk mengetahui rata-rata pendapatan yang Anda terima. Daftar ini bisa dibuat dalam rentang waktu minimal selama dua tahun terakhir. Setelah membuatnya, Anda pun bisa melihat berapa rata-rata jumlah pendapatan dan pendapat paling sedikit yang pernah Anda peroleh.

Selanjutnya…

2. Pakai Jumlah Pendapatan Terkecil untuk Mengatur Keuangan

Saat Anda sudah mengetahui jumlah pendapatan terkecil yang pernah didapat, Anda bisa langsung membuat budgeting untuk jumlah pengeluaran Anda selama sebulan. Tujuan memakai jumlah pendapatan yang terkecil, agar keuangan Anda tetap aman jika nanti Anda tiba-tiba mendapatkan lagi pendapatan yang tidak cukup besar.

3. Kategorikan Pendapatan Anda

Ketika menerima gaji, jangan lupa untuk memisahkan pendapatan Anda sesuai kategori yang sudah dibuat, seperti tagihan bulanan, kebutuhan harian, transportasi, investasi, dan pengeluaran tidak terduga. Kategori ini bermanfaat agar rencana keuangan bulanan Anda menjadi lebih teratur.

4. Rencanakan Investasi Masa Depan

Walaupun pendapatan bulanan yang Anda terima tidak tetap, tapi merencanakan investasi juga harus dilakukan. Anda bisa memulainya dengan membuat tabungan khusus untuk masa depan yang bisa diisi setiap bulannya sesuai kategori yang tadi sudah Anda buat. Nantinya, tabungan khusus itu dapat dipakai untuk investasi. Ingat juga, saat Anda memiliki penghasilan berlebih, jangan tergoda membeli keinginan yang tidak begitu penting.

Selanjutnya…

5. Buatlah Simpanan Cadangan

Untuk keadaan darurat, Anda juga perlu menyiapkan simpanan cadangan dalam bentuk cash. Simpanan ini bisa dipakai untuk dana darurat atau untuk memastikan bahwa Anda dapat membayar tagihan-tagihan bulanan saat penghasilan yang Anda terima datang terlambat.

Jadi, bukan masalah lagi ketika Anda memiliki penghasilan tidak tetap setiap bulannya asal bisa mengatur keuangan dengan baik.

Sebagai pekerja lepas, Anda pun perlu menghargai pengalaman, dedikasi, kredibilitas, dan bahkan networking yang sudah Anda bangun selama ini. Untuk memotivasi Anda mengejar berapa seharusnya penghasilan yang Anda terima setiap bulannya, Anda perlu mengecek apakah besaran gaji yang diterima saat ini sudah sesuai dengan industri dan lamanya Anda berkarir di industri tersebut. Bagaimana caranya?

Mudah sekali, cukup klik di sini dan fitur Salary Benchmark dari Karir.com dan Kelly Services ini akan membandingkan gaji Anda dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia.

Bukan itu saja, para pakar perencanaan keuangan akan memberikan Tips Finansial yang sesuai dengan besarnya gaji Anda. Anda juga mendapatkan Tips Karier untuk membantu Anda melangkah lebih yakin dalam berkarir.

Ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S! Yuk, cek sekarang juga.

(*)

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!